ANALISIS KESESUAIAN LKPD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN BARENG 1 MALANG

Penulis

  • Nita Retno Wahyuningati SDN 1 Bareng Malang
  • Saeful Mizan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

LKPD, PBL, Model

Abstrak

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk  Mendeskrisikan kesesuaian antara LKPD dengan model Problem Based Learning.  Metode penelitian yang digunakan dalam analisis LKPD ini adalah metode deskriptif-analitis. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis LKPD yang dirancang oleh guru di sekolah dasar kemudian dianalisis menggunakan instrumen kesesuaian model PBL. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan instrument anggket dapat diketahui bahwa LKPD Matematika Kelas 4 Materi Pecahan SDN Bareng 1 Malang telah mencapai  kesesuaian sebanyak 100% sehingga dapat dikatakan LKPD sudah sesuai dengan model pembelajaran. LKPD Matematika Kelas 5 Semester 1 belum memenuhi kriteria kesesuaian yaitu sebesar 60%, sehingga LKPD belum sesuai dengan model pembelajaran. LKPD Kelas 4 Matematika Materi Keliling Bangun Datar telah memenuhi persentase 100%, sehingga dapat diketahui bahwa LKPD yang dikembangkan telah sesuai dengan model pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Ariati, A. G. Rosnita, and S. Halidjah, “PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJA ILMIAH KELAS IV”.

A. Wahdan Wilsa, “Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Multimedia Interaktif dengan Buku Teks dalam Pembelajaran Biologi di SMA,” Mangifera Edu, vol. 4, no. 1, pp. 62–70, Aug. 2019, doi: 10.31943/MANGIFERAEDU.V4I1.42.

“Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Materi Sikap Positif terhadap Norma melalui Model Pembelajaran Problem Solving | Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara.” http://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/jip/article/view/13 (accessed Jan. 18, 2022).

E. Eismawati, H. D. Koeswanti, and E. H. Radia, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD,” Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 2, pp. 71–78, Apr. 2019, Accessed: Jun. 22, 2020. [Online]. Available: http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/694

E. Santoso, “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR,” Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 3, no. 1, Jan. 2017, doi: 10.31949/JCP.V3I1.407.

A. Wahyudin, “Model Pembelajaranbleended Learning (Model Flipped Classroom) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ips Pada Masa Pandemi Covid19,” Artikel Penelitian, Nov. 2020. Accessed: Mar. 26, 2021. [Online]. Available: http://thejournalish.com/ojs/index.php/sudutpandang/article/view/53

H. Pentury, Festiyed, Hamdi, and Yurnetti, “Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Discovery Learning Pada Materi Gelombang Berbantuan Aplikasi Android Untuk Kelas XI SMA/MA Mahasiswa Pendidikan Fisika, Fmipa Universitas Negeri Padang 2),” Phys Educ, vol. 12, no. 4, pp. 617–624, Dec. 2019, Accessed: Oct. 10, 2020. [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/7144

R. Effendi, H. Herpratiwi, and S. Sutiarso, “Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 920–929, Mar. 2021, doi: 10.31004/BASICEDU.V5I2.846.

H. S. Aditama, M. Zainuddin, and L. Bintartik, “Pengembangan Lkpd Berbasis Hots Pada Pembelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Kelas V Sdn Sentul 1,” Wahana Sekolah Dasar, vol. 27, no. 2, pp. 66–72, 2019.

M. Firdaus and I. Wilujeng, “Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik,” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, vol. 4, no. 1, pp. 26–40, Apr. 2018, doi: 10.21831/JIPI.V4I1.5574.

R. Septian, S. Irianto, and A. Andriani, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education,” Jurnal Educatio FKIP UNMA, vol. 5, no. 1, pp. 59–67, 2019, doi: 10.31949/educatio.v5i1.56.

D. P. Pranata, A. Frima, and A. S. Egok, “Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 2284–2301, 2021.

S. Maiyuni and A. Dewi Maharani, “Validitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Keanekaragaman Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Hayati Untuk SMA,” Jurnal Pelangi, vol. 8, no. 2, Mar. 2016, doi: 10.22202/jp.2016.v8i2.1553.

T. P. Ati and Y. Setiawan, “Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 4, no. 1, pp. 294–303, May 2020, doi: 10.31004/CENDEKIA.V4I1.209.

I. D. Permata, Y. Roza, and M. Maimunah, “Analisis Kesesuian antara LKPD dengan Model Pembelajaran,” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 764–773, Apr. 2021, doi: 10.35568/NATURALISTIC.V5I2.1043.

O.-S. Tan, Problem-Based Innovation Learning Using Problems to Power Learning in the 21st Century. Singapore: Cengage Learning, 2003. [Online]. Available: http://www.cengagelearningasia.com

M. D. Saputra, S. Joyoatmojo, D. K. Wardani, and K. B. Sangka, “Developing Critical-Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem-Based Learning Model,” 2019. Accessed: Aug. 01, 2020. [Online]. Available: www.e-iji.net

F. R. Ardina and C. Sa’dijah, “Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 1, no. 2, pp. 171–180, Feb. 2016, Accessed: Aug. 12, 2020. [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6119

Z. Arifin, Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-29

Terbitan

Bagian

Articles