PENGEMBANGAN KOMIK BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Risma Widianto UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstrak

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan komik berbasis literasi sains pada materi perubahan wujud benda  untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan  adalah ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu analyze (analisis), design (rancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah wawancara, validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa.. Hasil dari uji validasi diperoleh bahwa komik berbasis literasi sains yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan persentasi ahli materi 92%, ahli media 94%, dan ahli bahasa 78%. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa diperoleh dengan kriteria sangat praktis dengan persentasi 90% untuk keterlaksanaan pembelajaran dan 91% untuk angket respon siswa. Dan hasil tes belajar siswa memperoleh rata-rata nilai N-Gain 0,83 dengan persentase 83,3%  yang menunjukan kriteria efektifitas tinggi. Berdasarkan skor yang diperoleh, komik yang kembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan.Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan komik berbasis literasi sains pada materi perubahan wujud benda untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan terhadap produk yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri atas 5 tahap yaitu analyze (analisis), design (rancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), evaluate (evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah wawancara, validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, keterlaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan tes hasil belajar siswa.. Hasil dari uji validasi diperoleh bahwa komik berbasis literasi sains yang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dengan persentasi ahli materi 92%, ahli media 94%, dan ahli bahasa 78%. Hasil analisis keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswa diperoleh dengan kriteria sangat praktis dengan persentasi 90% untuk keterlaksanaan pembelajaran dan 91% untuk angket respon siswa. Dan hasil tes belajar siswa memperoleh rata-rata nilai N-Gain 0,83 dengan persentase 83,3% yang menunjukan kriteria efektifitas tinggi. Berdasarkan skor yang diperoleh, komik yang kembangkan sangat valid, sangat praktis dan efektif untuk digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. H. Amzani, 2019. “Pengembangan Media Komik Berbasis Literasi Sains Untuk Kelas Viii Mts Thawalib Tanjung Limau,” Vol. 561, No. 3, Pp. S2–S3.

A. P. Wulandari, et al. 2023. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., Vol. 5, No. 2, Pp. 3928–3936.

K. Sukarini and I. B. S. Manuaba, 2021. “Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar,” J. Edutech Undiksha, vol. 9, no. 1, pp. 48–56.

E. N. Subroto, A. Qohar, and D. Dwiyana, 2020. “Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 5, no. 2, p. 135.

W. N. Budiarti and H. Haryanto, 2016. “Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv,” J. Prima Edukasia, vol. 4, no. 2, p. 233.

Y. A. Pratama, 2018. “Media Komik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 1 Sukabumi Bandar Lampung,” J. Mudarrisuna Media Kaji. Pendidik. Agama Islam, Vol. 8, No. 2, P. 347.

A. Winata and A. Y. Putri, 2020. “Tema Keberagaman di Negeriku Sub Tema KeberagaPengembangan Media Komik Berbasis Literasi Sains pada Materi Gaya Kelas IVman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku,” Jtiee, vol. 4, no. 2, pp. 1–8.

A. Winata, S. Cacik, and I. S. R. Widiyanti, 2018. “Pengembangan Putik Berisi (Petunjuk Praktikum Berbasis Literasi Sains) Untuk Peserta Didik Kelas V Di Sdn Dermawuharjo Kec. Grabagan. Prosiding SNasPPM September Tahun 2018.

C. Utama, Y. Widiyono, and T. Anjarini, 2023. “Media Komik Berbasis Literasi Sains Terintegrasi Karakter Islami Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Edukasiana J. Inov. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 1–7.

I. Seftia R.W., A. Winata, and S. Cacik, 2018. “Kelayakan Putik Berisi (Petunjuk Praktikum Ipa Berbasis Literasi Sains) Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas V,” Educ. Hum. Dev. J., vol. 3, no. 2, pp. 111–120.

S. N. Sumiati, 2022. “Pengembangan Media Komik Menggunakan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 101950 Lidah Tanah” Cybern. J. Educ. Res. Sos. Stud., vol. 3, no. Januari, pp. 1–10.

W. W. 2 Saadatin Nazaidah1, 2023 “Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Digital Dengan Aplikasi Educandy Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Studi Kasus Di Sdn Sambonggede 1. Prosiding Snasppm tahun 2023 1196-1203.

Khoirudin, 2019. “Pengembangan Modul Biologi Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Animalia Kelas X-Mipa untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” pp. 36–51.

Nihayah, Z., & Zuhdi, N. 2017. Efektivitas Penggunaan Media Tablet Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016-217 (Doctoral Dissertation) Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-22

Terbitan

Bagian

Articles