PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Erika Safitri Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

Media Interaktif, Google Sites, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa media interaktif berbasis google sites pada muatan IPA kelas V Dalam pengembangan media interaktif berbasis google sites diperlukan suatu uji kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan untuk menentukan kualitas media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan media interaktif berbasis google sites adalah model ADDIE yaitu Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Hasil validasi media kepada 3 validator ahli yaitu ahli media memperoleh rata-rata 93%, dan ahli materi memperoleh rata-rata 92% dan ahli bahasa memperoleh rata-rata 90% sehingga media dinyatakan valid. Hasil kepraktisan yang dinilai oleh penilai memperoleh hasil sebesar 91% dan respon peserta didik  diperoleh 95% sehingga media Interaktif dinyatakan sangat praktis Hasil keefektifan siswa dinilai dari hasil penilaian lembar soal menggunakan teknik N-Gain skor memperoleh  hasil belajar siswa sebesar 0,78 sehingga media Interaktif berbasis google sites dinyatakan efektif. Dari hasil penilitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Interaktif berbasis google sites dapat mempengaruhi peningkatan hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. S. Setyaningsih, “Inovasi Guru Dalam Pembelajaran Abad 21 Berbasis Teknologi Informasi,” pp. 1–7, 2022, [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Inovasi+Guru+Dalam+Pembelajaran+Abad+21+Berbasis+Teknologi+Informasi&btnG=

W. Wibawanto, desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Penerbit Cerdas Ulet Kreatif, 2017.

I. Pebriyanti, D. G. H. Divayana, and M. W. A. Kesiman, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Di SMP Negeri 1 Seririt,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 50–58, 2021, doi: 10.23887/karmapati.v10i1.31110.

R. . Ekayanti, N, Liana, “Desain Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Materi Laju Reaksi,” vol. 1, pp. 103–109, 2022, [Online]. Available: http://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/59

T. N. Azis, “Strategi pembelajaran era digital,” Annu. Conf. Islam. Educ. Soc. Sains (ACIEDSS 2019), vol. 1, no. 2, pp. 308–318, 2019, [Online]. Available: http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciedss/article/view/512

R. Rosiyana, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Sites Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Jarak Jauh Siswa Kelas Vii Smp Islam Asy-Syuhada Kota Bogor,” J. Ilm. KORPUS, vol. 5, no. 2, pp. 217–226, 2021, doi: 10.33369/jik.v5i2.13903.

N. L. G. Sulistyawati, I. M. Suarjana, and C. I. M. Wibawa, “Pengembangan Media Website Berbasis Google Sites pada Materi Statistika Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan konseling, vol. 4, no. 4, pp. 895–904, 2022.

R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

F. Ardiansah and D. R. Miftakhi, “Pengembangan Buku Ajar dengan Model Addie pada Mata Kuliah Manajemen Teknologi Pendidikan,” J. Educ. Instr., vol. 3, no. 2, pp. 247–258, 2020, doi: 10.31539/joeai.v3i2.1550.

S. M. Naimah and W. Wiratsiwi, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Materi Kecepatan dan Debit Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 606–612, 2020, [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/479

E. Roliza, R. Ramadhona, and L. Rosmery, “Praktikalitas Lembar Kerja Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Statistika,” J. Gantang, vol. 3, no. 1, pp. 41–45, 2018, [Online]. Available: http://ojs.umrah.ac.id/index.php/gantang/article/view/377

A. F. Sevtia, M. Taufik, and A. Doyan, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 3, pp. 1167–1173, 2022, [Online]. Available: http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/743

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-23

Terbitan

Bagian

Articles