PENGEMBANGAN MEDIA PERAN (POP UP BOOK PERATURAN) PADA PEMBEPENGEMBANGAN MEDIA PERAN (POP UP BOOK PERATURAN) PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN KEBOMLATI TUBANPENGEMBANGAN MEDIA PERAN (POP UP BOOK PERATURAN) PADA PLAJARAN IPAS KELAS IV SDN KEBOMLATI TUBAN

Penulis

  • Hindri Caesar Tiara Konjin UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Novialita Angga Wiratama Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Abstrak

 

Abstrak.  Penelitian ini dilaksanakan guna mengetahui proses pengembangan tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang mengembangkan produk media pembelajaran Pop Up Book pada pembelajaran ipas materi peraturan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di  SDN Kebomlati Tuban. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 (lima) tahap analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), evaluate (evaluasi). Instrumen pengunpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa berupa soal evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data kevalidan analisis data kepraktisan dan analisis data keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media PERAN (Pop Up Book Peraturan) pada tahap validasi materi terdapat hasil 92,5% dan dinyatakan sangat valid. Validasi bahasa mendapat hasil  presentase sebesar 97,14% dan dinyatakan valid. Validasi media mendapat hasil presentase sebesar 80% dan dinyatakan valid. Hasil uji kepraktisan dari pengguna (guru) mendapat hasil presentase sebesar 93,33% dan dinyatakan sangat praktis. Sedangkan hasil uji keefektifan dari PERAN (Pop Up Book Peraturan) ini mendapat hasil 80,83% dan dinyatakan efektif. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa PERAN yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. Rahmatiani, “Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pembentuk Karakter Bangsa,” Pros. Semin. Nas. Kewarganegaraan, pp. 87–94, 2020.

D. A. K. Arisanti, “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas,” J. Penjaminan Mutu, vol. 8, no. 02, pp. 243–250, 2022, doi: 10.25078/jpm.v8i02.1386.

Susanto, H., & Akmal, H. 2019. Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi (Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, dan Perancangannya). Lampung: Universitas Lampung Mangkurat.

I. Najahah and Agus; Eko, “Perancangan Buku Pop-Up Sebagai Media Pembelajaran,” J. Pendidik. Seni Rupa, vol. 04, pp. 494–501, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/250986-perancangan-buku-pop-up-sebagai-media-pe-4010ccca.pdf

I. Reynaldo, Pengembangan E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Materi Alat Optik Sma/Ma. 2020.

N. Sugihartini and N. L. Jayanta, “Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 14, no. 2, pp. 221–230, 2017, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830.

A. Hidayat and I. Irawan, “Problem Solving Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” J. Cendekia, vol. 1, no. 2, pp. 51–63, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-25

Terbitan

Bagian

Articles