Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

INFORMASI UMUM

  1. Manuskrip/artikel yang dikirim harus asli, belum pernah dipublikasikan sebelumnya dalam bentuk apapun, tidak sedang diajukan untuk dipublikasikan di tempat lain, dan tidak akan diserahkan ke media manapun selama proses review, kecuali jika penulis telah secara resmi menarik naskah dari Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Unirow dan dinyatakan dalam pernyataan orisinalitas dan formulir pelepasan hak cipta (Form Copyright Notice).
  2. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Unirow menggunakan cek Similarity untuk mencegah plagiarisme dalam manuskrip
  3. Jurnal ini tidak memungut biaya pendaftaran artikel (free submission fee) maupun penanganan/pemrosesan artikel (free handling charge).
  4. Artikel yang dipublikasikan dapat diakses secara terbuka oleh publik.

KETENTUAN ARTIKEL/NASKAH

  1. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia  dan menggunakan standar kaidah ilmiah
  2. Naskah harus disiapkan dalam format Microsoft Word sesuai template Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Unirow
  3. Naskah harus diketik menggunakan huruf Times New Roman dengan 10pt, spasi 1 dan dua kolom.
  4. Tabel, Grafik, dan Gambar harus ditempatkan setelah Referensi naskah.
  5. Manuskrip dapat terdiri dari tiga sampai delapan halaman..

Ketentuan Sistematika Penulisan:

  1. Judul, ditulis singkat dan padat (max 15 kata)
  2. Nama Penulis, ditulis tanpa gelar, asal lembaga/institusi,  dan alamat email.
  3. Abstrak, ditulis dalam Bahasa Indonesia. Abstrak memuat uraian mengenai tujuan penelitian, metode yang digunakan, dan hasil penelitian. Abstrak ditulis secara ringkas, padat dan ditulis dalam satu alinea, disarankan 100 hingga 300 kata.
  4. Kata Kunci, ditulis 4 atau 5 buah kata kunci menurut urutan alfabet dipisahkan dengan tanda koma..
  5. Pendahuluan, berisi tentang latar belakang penelitian, kajian literatur terdahulu (state of the art), permasalahan penelitian dan di bagian akhir harus memuat tujuan penelitian
  6. Metodologi Penelitian, memuat uraian metode penelitian dan dapat disesuaikan dengan keperluan penelitian Anda.
  7. Hasil dan Pembahasan, memuat hasil analisis data, pengujian instrumen dan hipotesis (jika ada), jawaban pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan interpretasi temuan-temuan.
  8. Kesimpulan , menyajikan simpulan hasil penelitian dan saran yang disampaikan oleh peneliti.
  9. Daftar Pustaka, memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel, hanya sumber-sumber yang digunakan yang dimuat dalam daftar pustaka. Penulisan kutipan atau sitasi disarankan menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, Zotero, atau lainnya. Format penulisan yang digunakan di Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Unirow disarankan mengikuti style IEEE.

Aturan tentang tata cara penulisan naskah artikel di Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Unirow dapat diunduh di template artikel.

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.