PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

  • Wiwik Astutik SMP Negeri 1 Semanding
  • warli warli
Keywords: 5E Learning Cycle, Scaffolding, Mathematics Learning Outcomes

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran  learning  cycle  5E  dengan  teknik  scaffolding  terhadap  hasil belajar  matematika siswa SMP  pada pokok bahasan Statitika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain posttest kelompok kontrol subjek random. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Semanding Tahun Ajaran 2017/2018 dengan sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII B. Kelas VII B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E dengan teknik scaffolding sedangkan kelas VII A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang diterapkan di sekolah. Data hasil belajar  matematika siswa SMP diperoleh dari tes hasil belajar matematika yang kemudian  akan dilakukan uji  t-dua  sampel  bebas  dengan  syarat  harus  memenuhi  uji  prasyarat  (uji  normalitas dan  uji homogenitas). Tujuan dari uji t-dua sampel bebas adalah untuk mengetahui perbedaan pada kedua data tersebut. Karena data yang diperoleh memenuhi uji normalitas tetapi tidak memenuhi uji homogenitas maka data dianalisis menggunakan uji-t dua sampel bebas dengan asumsi bahwa kedua sampel tidak homogen. Berdasarkan hasil uji-t dua sampel bebas diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata yang signifikan nilai tes hasil belajar matematika siswa SMP antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan rata-rata nilai tersebut akibat adanya perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran  learning  cycle  5E  dengan  teknik  scaffolding  terhadap  hasil belajar matematika siswa SMP pada pokok bahasan Statistika kelas VII SMP Negeri 1 Semanding semester genap tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Scaffolding, Hasil Belajar Matematika.

References

Arifin, Zaenal. 2010. Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika. Surabaya: Lentera Cendikia

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta

Ekowatiningsih, N., Fatmawati, Z., Purwantini, I., Aminah, S. 2017. PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI LINGKARAN KELAS XII . Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 165-174.

Gofur, 2017. Model Pembelajaran Bersiklus Atau Learning Cycle 2015 (Online). Tersedia:http://abdulgopuroke.blogspot.co.id/2017/01/model-pembelajaran-bersiklus-atau.html. Diakses tanggal 22 Desember 2017.

Listyotami, Mega Kusuma. 2011. Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII A Smp N 15 Yogyakarta Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle “5e” (Implementasi Pada Materi bangun Ruang Kubus Dan Balok). (Online). Tersedia http://eprints.uny.ac.id/2043/I/Mega_Kusuma_Listyotami_%28NIM.07301244031%29.pdf. Diakses tanggal 20 Desember 2017.

Selfiana, D., Nurfalah, E., Wiratsiwi, W., 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Model Kooperatif STAD dengan Media Video. IDEAL MATHEDU IV, 439–447.

Undang-Undang Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2016.
Published
2019-10-28
How to Cite
Astutik, W. and warli, warli (2019) “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp. 37-42. Available at: http://journal.unirow.ac.id/index.php/jrpm/article/view/106 (Accessed: 9April2020).
Section
Articles