EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA DAUN UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATERI ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.140Keywords:
group investigation (GI), media daun, kemampuan pemahaman konsepAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu media daun terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design untuk variable kemampuan pemahaman konsep. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, yaitu pretest dan posttest. Hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol . Hasil uji hipotesis terhadap kemapuan pemahaman konsep peserta didik dengan taraf signifikan 5% diperoleh dan . Karena maka rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Analisis uji ketuntasan belajar menggunakan uji-t satu sampel diperoleh dan . Karena maka dapat disimpulkan kelas eksperiment secara klasikal dapat dikatakan tuntas. Jadi model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu media daun efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar.
Downloads
References
Al-Tabani, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
As’ari, abdur rahman dkk .2016. matematika buku guru/ kementrian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi. Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan
Depag. 2010. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya. Semarang: Karya Thoha Putra
Gani, Irwan. 2018. Alat Analisis Data Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET
Hendriana, Heris, dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Rafika Aditama
Lestari, Eka Karunia dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama
Mairing, Jackson Pasini. 2017. Statistika Pendidikan Konsep & Penerapannya Menggunakan Minitab dan Microsoft Excel. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET
Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Tarsito
Sudjana, N. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta
Supardi. 2017. Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Maliyah, Serli Dan Sumartono. 2013. Implementasi Model Kooperatif Group Investigation Dalam Pembelajaran Matematika Dikelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1 no.1. hlm 52-59
Murizal, Yarman dan Yerizon. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1 no.1. hlm 19-23
Romadiastri, Yulia. 2016. “Meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan metode pembbelajaran matematika dengan paikem berbasis lct bagi guru madrasah ibtidaiyah (MI)”. Jurnal At-taqaddum. Vol.8 no.2. hlm 210-222
Indarti, D. Mardiyana dan Pramudya, I. 2017. Group investigation with scientific approach in mathematics learning. International Conference on Mathematics, Science and Education. Conf. Ser. 983 01214
Karafkan, Mohammad Amin. 2015. Investigating The Effects Of Group Investigation (GI) and Cooperative Integrated Reading and Comprehension (CIRC) as the Cooperative Learning Techniquest on Learner’s Reading Comprehension. International Journal of Applied Linguistics & English Literature. 4(6):1.
Lestari, Laras dan Surya, Edy. 2017. The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). 34(1):91.
Imansari, Faticha Rizki Nur. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Jigsaw Pada Materi Pokok Garis Singgung Lingkaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Skripsi: Universits Negeri Yogyakarta
Junaid, Ahmad. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Jamur Kelas X Di SMA N 1 Tinambung. Skripsi. Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kusuma, Alisha Suryani. 2015. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dilengkapi Dengan Metode Gallery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Mutmainah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdit Bina Insani. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.