EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA DAUN UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATERI ALJABAR

Authors

  • Siti Maslihah Prodi Matematika UIN Walisongo
  • Sri Isnani Setyaningsih
  • Nurkhannah Zulfa

DOI:

https://doi.org/10.55719/jrpm.v2i1.140

Keywords:

group investigation (GI), media daun, kemampuan pemahaman konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu media daun terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi bentuk aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design untuk variable kemampuan pemahaman konsep. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster  random  sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes, yaitu pretest dan posttest. Hasil analisis data diperoleh rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen  dan kelas kontrol . Hasil uji hipotesis terhadap kemapuan pemahaman konsep peserta didik dengan taraf signifikan 5% diperoleh  dan . Karena  maka rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Analisis uji ketuntasan belajar menggunakan uji-t satu sampel diperoleh  dan . Karena  maka dapat disimpulkan kelas eksperiment secara klasikal dapat dikatakan tuntas. Jadi model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantu media daun efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adinawan, Cholik dan Sugijono. 2007. Seri Pendalaman Materi Matematika. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama

Al-Tabani, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif Dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

As’ari, abdur rahman dkk .2016. matematika buku guru/ kementrian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi. Jakarta: kementrian pendidikan dan kebudayaan

Depag. 2010. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya. Semarang: Karya Thoha Putra

Gani, Irwan. 2018. Alat Analisis Data Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET

Hendriana, Heris, dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Rafika Aditama

Lestari, Eka Karunia dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT Refika Aditama

Mairing, Jackson Pasini. 2017. Statistika Pendidikan Konsep & Penerapannya Menggunakan Minitab dan Microsoft Excel. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET

Slavin, Robert E. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Tarsito

Sudjana, N. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta

Supardi. 2017. Statistik Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada

Suyono dan Hariyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Maliyah, Serli Dan Sumartono. 2013. Implementasi Model Kooperatif Group Investigation Dalam Pembelajaran Matematika Dikelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1 no.1. hlm 52-59

Murizal, Yarman dan Yerizon. 2012. Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1 no.1. hlm 19-23

Romadiastri, Yulia. 2016. “Meningkatkan kemampuan penguasaan konsep dan metode pembbelajaran matematika dengan paikem berbasis lct bagi guru madrasah ibtidaiyah (MI)”. Jurnal At-taqaddum. Vol.8 no.2. hlm 210-222

Indarti, D. Mardiyana dan Pramudya, I. 2017. Group investigation with scientific approach in mathematics learning. International Conference on Mathematics, Science and Education. Conf. Ser. 983 01214

Karafkan, Mohammad Amin. 2015. Investigating The Effects Of Group Investigation (GI) and Cooperative Integrated Reading and Comprehension (CIRC) as the Cooperative Learning Techniquest on Learner’s Reading Comprehension. International Journal of Applied Linguistics & English Literature. 4(6):1.

Lestari, Laras dan Surya, Edy. 2017. The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR). 34(1):91.

Imansari, Faticha Rizki Nur. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dan Jigsaw Pada Materi Pokok Garis Singgung Lingkaran Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Skripsi: Universits Negeri Yogyakarta

Junaid, Ahmad. 2017. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Dengan Metode Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Jamur Kelas X Di SMA N 1 Tinambung. Skripsi. Makassar : Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Kusuma, Alisha Suryani. 2015. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Dilengkapi Dengan Metode Gallery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Siswa. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mutmainah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdit Bina Insani. Skripsi. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Published

16-04-2020

How to Cite

Maslihah, S., Setyaningsih, S. I. and Zulfa, N. (2020) “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU MEDIA DAUN UNTUK PEMAHAMAN KONSEP MATERI ALJABAR”, Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 2(1), pp. 1–6. doi: 10.55719/jrpm.v2i1.140.

Issue

Section

Articles