STRATEGI PEMASARAN MINUMAN SEHAT WEDANG ASEM DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA TALUN KECAMATAN MONTONG

  • waliska indrawati Unirow Tuban
  • Arif Unwanullah

Abstract

 Kabupaten Tuban merupakan salah satu kabupaten yang memiliki keunggulan di Sumber Daya Alam (SDA) baik dari hasil lautnya dan pertanian yang dimanfaatkan sebagai pengembangan ekonomi kreatif.  Salah satu potensi tanaman asem terbanyak di Kabupaten Tuban itu sendiri adalah salah satunya di Desa Talun Kec. Montong yang dijadikan Minuman sehat Wedang Asem yang pertama kali dikelola oleh Mahasiswa Universitas PGRI Ronggolawe Tuban saat melaksanakan tugas KKN, yang dimana minuman tersebut sampai saat ini masih dikelola oleh Masyarakat Desa Talun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dari peningkatan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat melalui usaha Minuman Sehat Wedang Asem dan dampak dari strategi pemasaran Minuman Sehat Wedang Asem. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Marketting Mix sebagai strategi Pemasaran Minuman Wedang Asem Di Desa Talun Kecamatan Montong selain untuk meningkatkan nilai jual minuman asem penulis juga berharap dengan menggunakan strategis Marketing Mix ini bisa meninggkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Talun untuk melakukan proses penjualannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknk pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan penggumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil strategi pemasaran Minuman Sehat Wedang Asem Desa Talun Kecamatan Montong yang dilakukan oleh BUM Desa Talun dan Ibu PKK masih kurang maksimal sehingga perlu ditingkatkan kembali mengenai strategi pemasaran dengan menggunakan tujuh komponen yang sudah dijelaskan dalam teori Marketting Mix yang dapat diterapkan adapun beberapa dampak positif dan negatif setelah adanya produksi Minuman Sehat Wedang asem ini dijalankan

References

Afhlawan, Muhammad. 2018. Startegi Pemasaran Produk Bubuk Kopi Ud. Teko Lampung Dalkam Prespektif Etika Bisnis Islam. (Online). http://respository,iainpalapo.ac.id diakses 6 Agustus 2020.

Arifin, A. Z., Oktafianto, K., Awanda, R., & Fatihah, N. (2019). Sebaran Debu Jubung Pabrik Kapur dengan Gaussian Plume. MathVisioN, 1(02), 79-82.

Arifin, A. Z. (2017). Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter. Technology Science and Engineering Journal, 1(2).

Awanda, R., Oktafianto, K., Arifin, A. Z., & Fatihah, N. (2019). Simulasi Sebaran Abu Pabrik Kapur Menggunakan Metode Beda Hingga. Zeta-Math Journal, 4(2), 34-39.

Kotler & Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran edisi 12, jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Miles, M.B & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia.

Oktafianto, K., Rathomi, A. Y., Fatihah, N., Wulandari, A., & Arifin, A. Z. (2020). PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JASA PADA KOPERASI MAHASISWA UNIROW TUBAN. MathVisioN, 2(2), 59-64.

Pereira, L. & Almeida, P. (2014). Marketing and promotion in the hotel industry: A case study in family hotel and hotel group. Tourism and Hospitality International Journal, 2(1), 92-105.

Shimp, A. Terence. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kual;itatif dan R&D. Bandung :Alfabeta..

Swastha, Basu. 2009. Azas Azas Marketing. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.

Y. D. P. Windrayadi and M. F. Syahrial, “Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pajak Daerah Serta Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Tuban,” Solusi, vol. 16, no. 3, 2018.

Published
2020-09-30
Section
Articles