STRATEGI PEMASARAN HOME INDUSTRI MAKANAN RINGAN (STUDI KASUS KERIPIK GERUS DESA PRUNGGAHAN WETAN KEC. SEMANDING KAB. TUBAN)

  • Giscka Brilien Purbasani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Suwarno Suwarno
  • Muhammad Yusuf
  • Arif Unwanullah

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa marketing mix (bauran pemasaran ) merupakan alat pemasaran taktis terkendali yang dipadukan perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan di pasar sasaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagimana strategi pemasaran yang diterapkan dalam produk keripik Gerus 2) Apa saja faktor pendukung dan penghabat dari usaha home indusrti keripik Gerus. Penelitian Marketing mix (bauran pemasaran) home indusrti keripik Gerus menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Responden terdiri dari 1 pemilik usaha home industri keripik Gerus dan 1 karyawan home industri keripik Gerus bagian produksi dan 1 karyawan home industri keripik Gerus bagian pemasaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Bauran produk yang ada di usaha home industri keripik Gerus meliputi keanekaragamaan produk, kualitas, ukuran, kemasan dan pelayanan 2) bauran harga meliputi daftar harga 3) Bauran tempat meliputi lokasi 4) Bauran promosi meliputi periklanan, permanfaatan media dan pemasaran langsung 5) Sedangkan faktor penghambatnya terkendala dalam memperoleh bahan bakau, kurangnya memanfaatkan teknologi yang bisa memudahkan proses produksi, serta kesulitan dalam pengiriman keluar pulau 6) faktor pendukung usaha home industri keripik Gerus yaitu keripik Cap Gerus menjadi Trade MerkĀ  merek dagang oleh- oleh khas Tuban 7). Saran yang disampaikan untuk pemilik usaha home industri keripik Gerus yaitu diharapkan usaha home industri keripik Gerus untuk lebih bisa memanfaatkan teknologi yang bisa memudahkan dalam proses produksi agar lebih efisien dan menjalin hubungan baik dengan pemasok serta mengekspor kedaerah-daerah selain di kota Tuban untuk mencari kebutuhan bahan baku.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktk. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Anonim. 2008. UMKM: Kementrian Koperasi dan UMKM , (online), http://www.antara.co.id/.../2008/.../umkm-kementrian koperasi dan umkm- 2008-turun/, diakses 13 Agustus 2020
Alma, Buchari, and Donni Juni Priansa. Manajemen bisnis syariah: penuntun perkuliahan bagi para mahasiswa, pencerahan bagi para pedagang, pengembangan marketing syariah/spiritual marketing bagi para pengusaha. Alfabeta, 2010
Drury, Colin M. Management and cost accounting. Springer, 2013.
Huda, M. M., & Windrayadi, Y. D. P. (2020). Kajian Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Penambang Batu Kapur Di Desa Leranwetan Kecamatan Palang. Oportunitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 1(02), 18-23.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga
Labaso, Syahrial. "Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta."MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3.2 (2018): 289-311.
Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Peneitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugraha, A. S. (2011). Strategi Pemasaran Keripik Tempe Pada Industri Rumah Tangga Di Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri.
Ruffin, Mack T., et al. "Factors influencing choices for colorectal cancer screening among previously unscreened African and Caucasian Americans: findings from a triangulation mixed methods investigation." Journal of community health 34.2 (2009): 79-89.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Solikah, I. W. U. N. (2017). Srategi Pemasaran Keripik Belut di Industri Rumah Tangga Sari Roso Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo.
Tjiptono, Fandy. "Manajemen & Strategi Merek." Yogyakarta: Andi (2011).
Utami, Hesty Nurul, and Iqbal Fauzi Akbar Firdaus. "Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis." Jurnal Ecodemica 2.1 (2018): 136-146.
Yuniarti, R., Rahman, A., & Choiri, M. (2014). Strategi Pemasaran Pada UKM Keripik Tempe Sanan Malang. Jurnal Teknik Industri, 14(2), 174-185.
Zulkarnaen, Oky, Halim. (2013). Analisis strategi pemasaran pada usaha kecil menengah (ukm) makanan ringan . Skripsi diterbitkan. Semarang: UNDIP Semarang
Published
2021-03-31
Section
Articles