VALIDASI PENGEMBANGAN BAHAN MATERI AJAR BERBASIS IT (FLIPBOOK) PADA SMK NEGERI 2 TUBAN (MATERI DOKUMEN ADMINISTRASI USAHA)

Authors

  • Siti Asih Unirow Tuban
  • Henny Sri Astuty Unirow Tuban

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting yang diperlukan semua orang untuk menghadapi persaingan global yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk Mengembangkan dan menguji validasi Flipbook sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan kelas XI SMK Negeri 2 Tuban berdasarkan penilaian ahli materi, ahli bahasa, ahli media, dan ahli digital. Penelitian dan pengembangan Flipbook sebagai sumber belajar pada mata pelajaran prakarya ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Tuban pada tanggal 27 maret 2021. Jenis data dalam validasi pengembangan Flipbook sebagai sumber belajar pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan di SMK N 2 Tuban yaitu menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. kelayakan Flipbook diuji melalui 4 pengujian yaitu, uji materi, uji bahasa, uji media, dan uji digital. Dari penilaian yang dilakukan diperoleh rata-rata penilaian sebesar 92,767.% dinyatakan sangat valid dan cukup layak digunakan sebagai sumber belajar. Hasil perhitungan dari ahli bahasa diperoleh rata-rata penilaian sebesar 82,5%  dinyatakan sangat valid dan cukup layak digunakan sebagai sumber belajar. Hasil perhitungan dari ahli desain diperoleh rata-rata penilaian sebesar 74,791%  dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar. Hasil perhitungan dari ahli IT diperoleh rata-rata penilaian sebesar 83,75% dinyatakan sangat valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar. Hasil penilaian yang diperoleh dari para ahli dinyatakan sangat valid mengacu pada kriteria tingkat kevalidan produk menurut menurut Riduwan (2011). Berdasarkan penilaian tersebut “Validasi Pengembangan Bahan Materi Ajar Berbasis IT  (Flipbook) Pada SMK Negeri 2 Tuban  (Materi Dokumen Administrasi Usaha)  ” baik dan layak digunakan sebagai sumber belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kamuli, S. (2012). Pengaruh iklim organisasi terhadap produktivitas kerja pegawai di sekretariat daerah kota Gorontalo. Jurnal Inovasi, 9(01).

Koswara, U., & Rosita, N. T. (2017). Pelatihan program GeoGebra bagi guru matematika SMP di kabupaten Sumedang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(1), 77–86.

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh penerapan tools google classroom pada model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01).

Utari, S. Y. (2014). Pengembangan Media E-book pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X di SMA Negeri 2 Padang Panjang. UNS (Sebelas Maret University).

Munir, S., Merlinda, S., Soesilo, Y. H., & Windrayadi, Y. D. P. (2021). Experience-Based Learning Models in Entrepreneurship Courses: An Innovation to Promote Entrepreneurship Based on Local Wisdom. KnE Social Sciences, 341-350.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Siti Asih, & Henny Sri Astuty. (2022). VALIDASI PENGEMBANGAN BAHAN MATERI AJAR BERBASIS IT (FLIPBOOK) PADA SMK NEGERI 2 TUBAN (MATERI DOKUMEN ADMINISTRASI USAHA). OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 3(02), 57–61. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/503