PENGARUH GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MEDIA KINESTETIK DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELA

Authors

  • Amiliyah Amiliyah SMKN 2 Tuban

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual; Strategi Everyone is a Teacher Here ; Hasil Belajar

Abstract

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar siswa yaitu metode penyampaian guru dalam belajar mengajar. Untuk meningkatkan kualitas tersebut diperlukan penggunaan sebuah metode pembelajaran yang menyenangkan dan aktif. Metode pembelajaran itu salah satunya diantaranya adalah penggunaan metode pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual dikelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018, 2) pengaruh Pembelajaran Melalui Strategi Everyone is a Teacher Here  dikelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 , 3) pengaruh Strategi Everyone is a Teacher Here dengan Media Kinestetik untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dikelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Ak SMKN 2 Tuban pada bulan maret-april 2018. Populasi pada penelitian ini adalah 44 siswa, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh  signifikan model pembelajaran kontekstual di kelas XI SMKN 2 Tuban  tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 62,5%, 2) Terdapat pengaruh  signifikan strategi Everyone is a Teacher Here terhadap keaktifan siswa dikelas XI Ak SMKN 2 Tuban tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 51,39%, 3) Terdapat pengaruh  signifikan media kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas XI Ak SMKN 2 Tuban  tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 86,36%, dari sebelumnya 77,23%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
[2] Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
[3] Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media.
[4] Sugiono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.
[5] Supriyanto, Agus. (2009). Reseacch Design: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:
[6] Trianto. (2010) Pengantar Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
[7] Yudhistira,Dadang. (2013). Menulis Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Grasindo.

Downloads

Published

2020-03-06

How to Cite

Amiliyah, A. (2020). PENGARUH GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MEDIA KINESTETIK DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELA. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 1(01), 21–27. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/127