ANALISIS DAMPAK BOIKOT PRO ISRAEL TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA

Penulis

  • Naufal dian ardhani Ardhani Universitas pembangunan nasional veteran jawa timur

Abstrak

Gerakan boikot terhadap produk-produl pro-Israel telah menjadi topik kontroversial di Indonesia. Beberapa orang berpendapat bahwa aksi boikot tersebut dapat memicu penurunan ekonomi, sementara yang lain menilai bahwa dampaknya terbatas. Menurut Ahmad Heri Firdaus, seorang peneliti dari INDEF, aksi boikot akan lebih merugikan ekonomi Indonesia ketimbang Israel, karena kebanyakan perusahaan Israel yang ingin diboikot sebenarnya memiliki lisensi dalam negeri (Risqi et al., 2023). Dampak dari aksi boikot ini dapat berupa hilangnya pekerjaan, penurunan penghasilan, hingga menurunnya minat dan daya beli konsumen. Dalam konteks ini, aksi boikot perlu dilakukan secara proporsional agar upaya menekan Pemerintah Israel tidak berdampak negatif pada ekonomi lokal. Selain itu, ada juga saran untuk fokus pada produk substitusi dengan harga dan kualitas yang sesuai dengan preferensi masyarakat, serta untuk mendukung produk lokal agar lebih eksis (Laili et al., 2021). Dengan demikian, analisis dampak boikot pro-Israel terhadap perekonomian di Indonesia menunjukkan adanya potensi dampak negatif, terutama dalam hal hilangnya pekerjaan, penurunan penghasilan, dan menurunnya daya beli konsumen. Namun, aksi boikot juga dapat menjadi peluang untuk mendukung produk lokal dan mengembangkan produk substitusi yang sesuai dengan preferensi masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang cermat dalam melaksanakan aksi boikot agar dampak negatifnya dapat diminimalkan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abraham, R. (2001). PENGARUH BROADBAND INFRASTRUCTURE TERHADAP PRODUK DOMESTIK BRUTO 18 NEGARA ASIA PERIODE. www.internetworldstats.com/emarketing.htm

Abrori, W., & Soessa, D. (2022). IMPLEMENTASI PEMBEBASAN BEA MASUK PRODUK IMPOR PALESTINA KE INDONESIA PERIODE 2017-2019. In MJIR) MOESTOPO JOURNAL INTERNATIONAL RELATIONS (Vol. 2, Issue 1).

Kusuma Annisa. (2022). ANALISIS PENOLAKAN INDONESIA TERHADAP PROPOSAL ABRAHAM ACCORD DALAM MEMBANGUN HUBUNGAN DIPLOMATIK DENGAN ISRAEL TAHUN 2022.

Laili, A., Fasa, M. I., Khumaidi, A., & Far, J. ". (2021). ANALISIS HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PEMBOIKOTAN PRODUK ISRAEL.

Luluk Roihanah. (2007). ANALISIS PENGARUH AGRESI MILITER ISRAEL KE LIBANON TERHADAP REAKSI HARGA SAHAM (Studi Pada Indeks LQ-45 di Bursa Efek Jakarta).

Rahmawati, S., Ali, S., Subagja, G., Bisnis, I. A., & Lampung, U. (2020). PENGARUH NILAI RELIGIUSITAS DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAPKEPUTUSAN BOIKOT PRODUK KFC (Studi Pada Konsumen Muslim Bandar Lampung) THE EFFECT OF RELIGIOSITY VALUE AND PRODUCT KNOWLEDGE ON THE BOYCOTT DECISION KFC PRODUCT (Study Moeslim Consumer Bandar Lampung). In Jurnal Kompetitif Bisnis (Vol. 1, Issue 1).

Refendy Ricky. (2022). ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PEMBOIKOTAN PRODUK ASING DI INDONESIA.

Risqi, M., Septiazi, F., & Yuliana, N. (2023). Triwikrama: Jurnal Multidisiplin Ilmu Sosial ANALISIS PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP GERAKAN BOIKOT PRODUK ISRAEL DI INDONESIA. 2(4), 2023–2054.

Seran, S., Eltari Km, J., Sasi, K., & Kota Kefamenanu, K. (2012). DETERMINAN FAKTOR SOSIAL DAN EKONOMI TERHADAP KEMISKINAN PENDUDUK. In Jurnal Ekonomi Pembangunan (Vol. 13, Issue 1).

Sulistiyowati, L. N. (2020). THE EFFECT OF TRANSFERING ISRAEL CAPITAL CITY TO JERUSALEM TOWARD INDONESIA MACRO ECONOMY. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 3(2), 260–282. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2019.v3.i2.4111

Tari Deariqra. (2021). Dinamika Gerakan Anti-Globalisasi Tahun 1994-2021 : Studi Kasus : Analisis Boikot Produk Prancis oleh Muslim sebagai Bagian dari Global Justice Movement dengan Perspektif Teori Gerakan Sosial.

Yullah, A. (2016). ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN BOIKOT PRODUK ISRAEL PADA KANTOR BERITA ISLAM MI’RAJ NEWS AGENCY (Vol. 4, Issue 4). www.mirajnews.com.

Diterbitkan

2023-09-27

Cara Mengutip

Ardhani, N. dian ardhani. (2023). ANALISIS DAMPAK BOIKOT PRO ISRAEL TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 4(02), 13–16. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/1029