ANALISIS INTERNALISASI NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN DALAM MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN

Penulis

  • Syahrul Munir Economic Education Program, Universitas Negeri Malang
  • Kharisma Danang Yuangga Economic Education Program, Universitas Pamulang

Kata Kunci:

Internalisasi; Nilai-Nilai kewirausahaan

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang dilakukan untuk menganalisis internalisasi nilai-nilai kewirausahaan pada mahasiswa pada saat pembelajaran mata kuliah Kewirausahaan di jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Negeri Malang. Data dikumpulkan melalui: 1) wawancara mendalam (in depth interview); 2) observasi partisipan (participant observation); 3) studi dokumentasi (study of documents). Data yang terkumpul dianalisis dengan model interaktif dari Miles & Huberman. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan pembelajaran kewirausahaan, nilai-nilai kewirausahaan terinternalisasi dengan baik. Mahasiswa merasakan arti pentingnya berwirausaha. Nilai-nilai kewirausahaan seperti kepekaan membaca peluang usaha, kreatif dan inovatif, keberanian mengambil resiko, kejujuran & keuletan dalam berwirausaha, serta keterampilan dalam mengambil keputusan (kemimpinan) dapat tertanam dengan baik ke dalam diri mahasiswa. Dengan nilai-nilai tersebut, mahasiswa melakukan kegiatan kewirausahaan sederhana dengan menciptakan produk olahan makanan, kerajinan, dan platform (aplikasi) jual beli.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Badan Pusat Statistik (2019) Februari 2019: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,01 persen, Online [https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/1564/februari-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-01-persen.html]
Gwee, J. (2007) Positive Business Ideas: Proven, Practical and Easy-To Apply Ideas to Improve Your Performance. New York: Delmar Publisher.
Machfoedz, M (2008) Kewirausahaan. BPFE: Yogyakarta
Rais, M. (2012) Internalisasi Nilai Integrasi Untuk Menciptakan Keharmonisan Hubungan Antar Etnik. Disertasi pada program pasca sarjana PPU UPI Bandung. Tidak diterbitkan
Saidi, Wahyu dan Sofia Hartati (2008) Kewirausahaan. Enno Media: Jakarta
Suhartono, S. (2008) Filsafat Pendidikan. Cet. III, April. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Suryana (2006) Kewirausahaan, Edisi 3, Bandung: Salemba Empat
Soegoto, E S. (2014). Entrepreneurship Menjadi Pembisnis Ulung, Edisi revisi. Jakarta : Elex Media Computindo
Tim Pusat Kurikulum Pengembangan Pendidikan Karakter (2010) Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Mandikdasmen Kemendiknas RI.
Timpe, D (2002) Seri Manajemen Sumber Daya Manusia – Kepemimpinan, PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Wu, S. & Wu, L (2008) The Impact of Higher Education on Entrepreneurial Intentions of University Students in China. Journal of Small Business and Enterprise Development, 15(4): 752–774
Xing, Bao and Marwala (2016) Implication of the Fourth Industrial Age on Higher Education.
Yohnson (2003) Peranan Universitas dalam Memotivasi Sarjana Menjadi Young Entrepreneurs. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(2): 97-111

Diterbitkan

2020-03-06

Cara Mengutip

Munir, S., & Yuangga, K. D. (2020). ANALISIS INTERNALISASI NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN DALAM MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN. OPORTUNITAS: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan Dan Koperasi, 1(01), 28–33. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/oportunitas/article/view/133

Terbitan

Bagian

Articles