ANALISIS TINDAK TUTUR PADA BAHASA IKLAN PRODUK TEH SARI WANGI DI TELEVISI

Penulis

  • Mutiara Hendrawati
  • Yeni Ika Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.0523/signifi.v1i1.655

Kata Kunci:

iklan, teh sariwangi, tindak tutur, pragmantik.

Abstrak

Tindak tutur adalah kemampuan seorang individu melakukan tindak ujaran yang mempunyai maksud tertentu sesuai dengan situasi tertentu. Dari definisi tersebut dapat dilihat bahwa tindak tutur yang lebih ditekankan ialah arti tindakan dalam tuturannya. Hal ini sesuai dengan fungsi bahasa sebagai alat komunikasi, yang bertujuan untuk merumuskan maksud dan melahirkan perasaan penutur. Permasalahan yang dikaji dalam analisis ini ialah tidak tutur perlokusi yang terdapat dalam iklan produk teh sariwangi.Penelitiaan ini penting dilakukan karena dalam sebuah produksi,iklan merupakan salah satu aspek yang penting untuk mendongkrak penjualan produk.Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmantik,data dari penelitian,data dari penelitian ini yaitu bahasa iklan teh sariwangi yang ditulis lalu dianalisis.Teknik pengumpulan data yang digunakan teknik mengamati dan catat.Data diperoleh dengan cara melihat dan mengamati iklan teh sariwangi,kemudian mencatat data dari iklan yang ingin diteliti.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peristiwa tindak tutur ilokusi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-23