PENERAPAN METODE KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KSP

Authors

  • Krida Puji Rahayu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.154

Keywords:

Audio-visual based case method, chemical learning Results

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of the application of the case method by using audio-visual media to the learning outcomes. The population in this study is a grade XI SCIENCE student. Sampling is done randomly using the random sampling cluster technique. Based on the average estimated test results were obtained the average results of the experiment Group learning and the control group. The results of the submission are learned to get the percentage of classical learning submission for the experimental group of 98% and the control group at 76%. The results of observation of the affective and psychomotor domains were obtained the average value of students in the experimental group ≥ 65.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Cahyasari, Septiana. 2008. Pengaruh Penggunaan metode SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) Terhadap Hasil belajar siswa kelas XI pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi: tidak diterbitkan.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Jogiyanto. 2006. Metode Kasus. Jakarta: Andi.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purnawan, Arif. 2005. Peningkatan efektifitas pembelajaran kimia siswa SMA kelas X dengan menggunakan CD pembelajaran interaktif pada metode pemetaan pikiran (mind mapping) materi pokok Hidrokarbon pada tahun pelajaran 2004/2005. Skripsi: tidak diterbitkan.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Bandung: Prenada Media.
Sudarman. 2006. Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Vol 2 No.2 (Jurnal Pendidikan Inovatif)









Sudjana. 2002. Metode Statistika. Edisi Enam. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.
Soeprodjo. 2007. Kontribusi Statistika dalam Penelitian. Makalah Disampaikan pada Pelatihan Penyusunan Proposal Skripsi Pendidikan dan Bimbingan Skripsi Tematik dan Terpogram. Semarang. 7 Juni.
Wahyuningrum, N. 2008. Pengaruh Penggunaan metode ”My Rekan Empat” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pokok Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi: tidak diterbitkan.
Yunianingrum, Evi. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Flow Chart dengan Pendekatan Konstekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Pokok Materi Stoikiometri. Skripsi: tidak diterbitkan.

Published

2020-11-30

How to Cite

Rahayu, K. P. (2020). PENERAPAN METODE KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KSP. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 89–96. https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.154