PENERAPAN METODE KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KSP

Penulis

  • Krida Puji Rahayu Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.154

Kata Kunci:

metode kasus berbasis audio-visual, hasil belajar Kimia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penerapan metode kasus dengan menggunakan media audio-visual terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil uji estimasi rata-rata diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 98% dan kelompok kontrol sebesar 76%. Adapun hasil observasi terhadap ranah afektif dan ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen ≥ 65.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Cahyasari, Septiana. 2008. Pengaruh Penggunaan metode SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) Terhadap Hasil belajar siswa kelas XI pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi: tidak diterbitkan.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Jogiyanto. 2006. Metode Kasus. Jakarta: Andi.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purnawan, Arif. 2005. Peningkatan efektifitas pembelajaran kimia siswa SMA kelas X dengan menggunakan CD pembelajaran interaktif pada metode pemetaan pikiran (mind mapping) materi pokok Hidrokarbon pada tahun pelajaran 2004/2005. Skripsi: tidak diterbitkan.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Bandung: Prenada Media.
Sudarman. 2006. Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Vol 2 No.2 (Jurnal Pendidikan Inovatif)









Sudjana. 2002. Metode Statistika. Edisi Enam. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.
Soeprodjo. 2007. Kontribusi Statistika dalam Penelitian. Makalah Disampaikan pada Pelatihan Penyusunan Proposal Skripsi Pendidikan dan Bimbingan Skripsi Tematik dan Terpogram. Semarang. 7 Juni.
Wahyuningrum, N. 2008. Pengaruh Penggunaan metode ”My Rekan Empat” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pokok Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi: tidak diterbitkan.
Yunianingrum, Evi. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Flow Chart dengan Pendekatan Konstekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Pokok Materi Stoikiometri. Skripsi: tidak diterbitkan.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Rahayu, K. P. (2020). PENERAPAN METODE KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KSP. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 89–96. https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.154