PENERAPAN METODE KASUS TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI KSP
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.154Kata Kunci:
metode kasus berbasis audio-visual, hasil belajar KimiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari penerapan metode kasus dengan menggunakan media audio-visual terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil uji estimasi rata-rata diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji ketuntasan belajar diperoleh persentase ketuntasan belajar klasikal untuk kelompok eksperimen sebesar 98% dan kelompok kontrol sebesar 76%. Adapun hasil observasi terhadap ranah afektif dan ranah psikomotorik diperoleh nilai rata-rata siswa pada kelompok eksperimen ≥ 65.
Unduhan
Referensi
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Cahyasari, Septiana. 2008. Pengaruh Penggunaan metode SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) Terhadap Hasil belajar siswa kelas XI pada materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi: tidak diterbitkan.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Jogiyanto. 2006. Metode Kasus. Jakarta: Andi.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purnawan, Arif. 2005. Peningkatan efektifitas pembelajaran kimia siswa SMA kelas X dengan menggunakan CD pembelajaran interaktif pada metode pemetaan pikiran (mind mapping) materi pokok Hidrokarbon pada tahun pelajaran 2004/2005. Skripsi: tidak diterbitkan.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Bandung: Prenada Media.
Sudarman. 2006. Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Vol 2 No.2 (Jurnal Pendidikan Inovatif)
Sudjana. 2002. Metode Statistika. Edisi Enam. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA.
Soeprodjo. 2007. Kontribusi Statistika dalam Penelitian. Makalah Disampaikan pada Pelatihan Penyusunan Proposal Skripsi Pendidikan dan Bimbingan Skripsi Tematik dan Terpogram. Semarang. 7 Juni.
Wahyuningrum, N. 2008. Pengaruh Penggunaan metode ”My Rekan Empat” Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Pokok Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi: tidak diterbitkan.
Yunianingrum, Evi. 2008. Pengaruh Penggunaan Media Flow Chart dengan Pendekatan Konstekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Pokok Materi Stoikiometri. Skripsi: tidak diterbitkan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.