METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GERAK LURUS

  • Ahmad Masruri SMA Negeri 2 Tuban
Keywords: tutor sebaya, hasil belajar

Abstract

This study aims to improve learning outcomes in straight motion physics subjects through the application of the peer tutoring method. This research method uses a classroom action research approach to solve the problem of low learning outcomes physics material straight motion using a spiral reflection system from Kemmis & Taggard. Data collection techniques are carried out by observation and tests with research subjects of class X MIPA-A SMA Negeri 2 Tuban in the academic year 2019/2020 odd semester totaling 36 students. This research was conducted in 2 cycles with the conclusion that the application of the peer tutoring method can improve learning outcomes in physics subjects in class X IPA-A at SMA Negeri 2 Tuban with the percentage of completeness of classical learning outcomes 86.11% and an average value of 84.44.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggorowati. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas. (Nomor 3). Halaman 105.

Amaliyah, K., Yuliastuti, R. and Nurfalah, E., 2020. Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Talking Stick Media Teka Teki Silang. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), pp.117-124.

Benny. A. Pribadi. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati & Mudjiyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gintings. A. 2014. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Bandung: Humaniora.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mutmainnah, M. and Nurfalah, E., 2019. MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.23-30.

Nana Sudjana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Nurfalah, E., 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Keterampilan Guru Mengelola Kelas. In FMIPA UM: Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran.

Oemar Hamalik. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Samsu Somadayo. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar – Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Zain. & Djamarah, B. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
2021-05-17
How to Cite
Masruri, A. (2021). METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GERAK LURUS. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45-52. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/264