METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GERAK LURUS

Penulis

  • Ahmad Masruri SMA Negeri 2 Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.264

Kata Kunci:

tutor sebaya, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatan hasil belajar mata pelajaran fisika gerak lurus melalui penerapan metode tutor sebaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah rendahnya hasil belajar fisika materi gerak lurus menggunakan sistem spiral refleksi Kemmis & Taggard.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA-A SMA Negeri 2 Tuban tahun pelajaran 2019/2020 semester ganjil sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan kesimpulan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fisika pada siswa kelas X IPA-A di SMA Negeri 2 Tuban dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal 86,11% dan nilai rata-rata 84,44.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggorowati. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas. (Nomor 3). Halaman 105.

Amaliyah, K., Yuliastuti, R. and Nurfalah, E., 2020. Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Talking Stick Media Teka Teki Silang. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), pp.117-124.

Benny. A. Pribadi. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati & Mudjiyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Gintings. A. 2014. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Bandung: Humaniora.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Mutmainnah, M. and Nurfalah, E., 2019. MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.23-30.

Nana Sudjana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Nurfalah, E., 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Keterampilan Guru Mengelola Kelas. In FMIPA UM: Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran.

Oemar Hamalik. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Samsu Somadayo. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar – Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Zain. & Djamarah, B. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-17

Cara Mengutip

Masruri, A. (2021). METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GERAK LURUS. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.264