METODE TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MATERI GERAK LURUS
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.264Kata Kunci:
tutor sebaya, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatan hasil belajar mata pelajaran fisika gerak lurus melalui penerapan metode tutor sebaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas untuk memecahkan masalah rendahnya hasil belajar fisika materi gerak lurus menggunakan sistem spiral refleksi Kemmis & Taggard.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA-A SMA Negeri 2 Tuban tahun pelajaran 2019/2020 semester ganjil sebanyak 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan kesimpulan bahwa penerapan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fisika pada siswa kelas X IPA-A di SMA Negeri 2 Tuban dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal 86,11% dan nilai rata-rata 84,44.
Unduhan
Referensi
Amaliyah, K., Yuliastuti, R. and Nurfalah, E., 2020. Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Talking Stick Media Teka Teki Silang. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), pp.117-124.
Benny. A. Pribadi. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati & Mudjiyono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gintings. A. 2014. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran disiapkan untuk Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Guru-Dosen. Bandung: Humaniora.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas, sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Mutmainnah, M. and Nurfalah, E., 2019. MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.23-30.
Nana Sudjana. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Nurfalah, E., 2012. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Keterampilan Guru Mengelola Kelas. In FMIPA UM: Prosiding Seminar Nasional MIPA dan Pembelajaran.
Oemar Hamalik. 2017. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Samsu Somadayo. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar – Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Zain. & Djamarah, B. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.