MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS DENGAN MEDIA KERTAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
Keywords:
TPS, media kertas, hasil belajar, matematikaAbstract
Permasalahan pokok yang terjadi di SDN 1 Buluroto adalah hasil belajar siswa yang relatif masih rendah. Berdasarkan hasil observasi, nilai rata- rata ulangan harian matematika 68,56, dengan ketuntasan KKM 42%. Proses pembelajaran matematika masih satu arah, membuat siswa merasa bosan, sehingga pembelajaran tidak menarik minat siswa dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu alternatif memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan model Think-Pairs-Share (TPS) dengan media kertas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran TPS dengan media kertas untuk meningkatkan hasil belajar matematika, mengetahui aktivitas siswa selama dibelajarkan dengan model pembelajaran TPS dengan media kertas, dan mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran TPS dengan media kertas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I, II, dan III sebesar (68,68; 72 dan 77,93). Jadi ada peningkatan pada siklus II dan III sebesar (3,32 dan 5,96) dengan hasil ketuntasan belajar klasikal siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 43,75% dan 62,5%, dan 93,75%.
Downloads
References
Dosen Metodologi Penelitian. 2017. Pedoman Penyusunan Skripsi. Tuban: UNIROW.
Ermawati, Vita. 2014. Penerapan Model pembelajaran Novick untuk meningkatakan kemampuan pemecahan masalah. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Program Sarjana UNIROW Tuban
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Puspasari, Dewi. 2012. Penerapan Model pembelajaran STAD dengan metode Polya untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan dimensi tiga pada siswa kelas X MA Muhammadiyya 4 Sedayulawas Lamongan Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan,Program Sarjana UNIROW Tuban
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
UPT Pusat Sumber Belajar. 2016. Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).Tuban: UNIROW