MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS DENGAN MEDIA KERTAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SD
Kata Kunci:
TPS, media kertas, hasil belajar, matematikaAbstrak
Permasalahan pokok yang terjadi di SDN 1 Buluroto adalah hasil belajar siswa yang relatif masih rendah. Berdasarkan hasil observasi, nilai rata- rata ulangan harian matematika 68,56, dengan ketuntasan KKM 42%. Proses pembelajaran matematika masih satu arah, membuat siswa merasa bosan, sehingga pembelajaran tidak menarik minat siswa dan berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Salah satu alternatif memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan model Think-Pairs-Share (TPS) dengan media kertas. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran TPS dengan media kertas untuk meningkatkan hasil belajar matematika, mengetahui aktivitas siswa selama dibelajarkan dengan model pembelajaran TPS dengan media kertas, dan mengetahui kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran TPS dengan media kertas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I, II, dan III sebesar (68,68; 72 dan 77,93). Jadi ada peningkatan pada siklus II dan III sebesar (3,32 dan 5,96) dengan hasil ketuntasan belajar klasikal siklus I, II, dan III masing-masing sebesar 43,75% dan 62,5%, dan 93,75%.
Unduhan
Referensi
Dosen Metodologi Penelitian. 2017. Pedoman Penyusunan Skripsi. Tuban: UNIROW.
Ermawati, Vita. 2014. Penerapan Model pembelajaran Novick untuk meningkatakan kemampuan pemecahan masalah. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Program Sarjana UNIROW Tuban
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Puspasari, Dewi. 2012. Penerapan Model pembelajaran STAD dengan metode Polya untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan dimensi tiga pada siswa kelas X MA Muhammadiyya 4 Sedayulawas Lamongan Tahun Ajaran 2011 / 2012. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan,Program Sarjana UNIROW Tuban
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka.
UPT Pusat Sumber Belajar. 2016. Buku Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).Tuban: UNIROW
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.