VALIDITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA II

Authors

  • Puji Rahayu
  • Eryawan Deise Ulul

Keywords:

Constructivism, LKM, Kapita Selekta Mathematics II

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKM  mahasiswa berbasis konstruktivisme pada mata kuliah kapita selekta matematika II yang valid. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: a) pendefinisian (define), b) perancangan (design)  c) pengembangan (develop) dan d) penyebaran (desseminate).  Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) dengan uji validitas. Instrumen penelitian yang digunakan dalam LKM berbasis konstruktivisme yaitu berupa lembar validasi yang digunakan untuk menilai kevalidan LKM. Hasil penelitian kevalidan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis konstruktivisme oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata keseluruhan adalah 4,64 dengan kriteria sangat baik, sedangkan validasi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata keseluruhan 3,83 dengan kriteria baik. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKM berbasis konstruktivisme pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika II materi trigonometri memenuhi kualifikasi valid.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Edukatif, T. C. 2016. Fokus Matematika Untuk SMA/MA Semester 2. Sukoharjo: Sindunata.

Farianti, G., Zulfaneti, & Sovia, A. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Kontruktivisme pada Materi Kaidah Pencacahan untuk Siswa Kelas XI IS SMAN 3 Lengayang, (Online), http://download.portalgaruda.org/article.php?article=316966&val=6304&title=PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KEGIATAN%20SISWA%20(LKS)%20BERBASIS%20KONSTRUKTIVISME%20PADA%20MATERI%20KAIDAH%20PENCACAHAN%20UNTUK%20SISWA%20KELAS%20XI%20IS%20SMAN%203%20LENGAYANG

Kalili, A. (2014). 60 Menit Pintar Desain Grafis. Jakarta: Kunci Aksara.

Nurhasnawati. 2011. Model-model Pembelajaran Kontruktivisme, (Online), http://download.portalgaruda.org/articl e.php?article=275455&val=7159&title=MODEL-MODEL%20PEMBELAJARAN%20K ONSTRUTIVISME

Nurjannah, S. 2015. Kajian Pustaka, (Online), http://repo.iain- tulungagung.ac.id/3027/3/BAB%20II.pdf

Nurvitasari, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sihombing, D. (2003). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaj Rosdakarya

Tasfirani.2008.Pengembangan CLD Berbasis Teknologi dalam Kemasan CD Interaktif pada Materi Geometri. Pasca Sarjana UNNES

Tinarti, E. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Religi pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa Kelas VII MTs.

Widoyoko, E.P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published

2018-12-16

How to Cite

Rahayu, P., & Ulul, E. D. (2018). VALIDITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA II. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 111–119. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/39