VALIDITAS LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA KULIAH KAPITA SELEKTA MATEMATIKA II
Keywords:
Constructivism, LKM, Kapita Selekta Mathematics IIAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKM mahasiswa berbasis konstruktivisme pada mata kuliah kapita selekta matematika II yang valid. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Four-D yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: a) pendefinisian (define), b) perancangan (design) c) pengembangan (develop) dan d) penyebaran (desseminate). Namun dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) dengan uji validitas. Instrumen penelitian yang digunakan dalam LKM berbasis konstruktivisme yaitu berupa lembar validasi yang digunakan untuk menilai kevalidan LKM. Hasil penelitian kevalidan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis konstruktivisme oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata keseluruhan adalah 4,64 dengan kriteria sangat baik, sedangkan validasi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata keseluruhan 3,83 dengan kriteria baik. Dengan demikian hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKM berbasis konstruktivisme pada mata kuliah Kapita Selekta Matematika II materi trigonometri memenuhi kualifikasi valid.
Downloads
References
Edukatif, T. C. 2016. Fokus Matematika Untuk SMA/MA Semester 2. Sukoharjo: Sindunata.
Farianti, G., Zulfaneti, & Sovia, A. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Kontruktivisme pada Materi Kaidah Pencacahan untuk Siswa Kelas XI IS SMAN 3 Lengayang, (Online), http://download.portalgaruda.org/article.php?article=316966&val=6304&title=PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KEGIATAN%20SISWA%20(LKS)%20BERBASIS%20KONSTRUKTIVISME%20PADA%20MATERI%20KAIDAH%20PENCACAHAN%20UNTUK%20SISWA%20KELAS%20XI%20IS%20SMAN%203%20LENGAYANG
Kalili, A. (2014). 60 Menit Pintar Desain Grafis. Jakarta: Kunci Aksara.
Nurhasnawati. 2011. Model-model Pembelajaran Kontruktivisme, (Online), http://download.portalgaruda.org/articl e.php?article=275455&val=7159&title=MODEL-MODEL%20PEMBELAJARAN%20K ONSTRUTIVISME
Nurjannah, S. 2015. Kajian Pustaka, (Online), http://repo.iain- tulungagung.ac.id/3027/3/BAB%20II.pdf
Nurvitasari, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sihombing, D. (2003). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaj Rosdakarya
Tasfirani.2008.Pengembangan CLD Berbasis Teknologi dalam Kemasan CD Interaktif pada Materi Geometri. Pasca Sarjana UNNES
Tinarti, E. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Religi pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa Kelas VII MTs.
Widoyoko, E.P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar