VALIDITY OF WORK SHEETS OF STUDENTS BASED ON CONSTRUCTIVISM IN STUDY OF KAPITA SELEKTA MATEMATIKA II
Kata Kunci:
Konstruktivisme, LKM, Kapita Selekta Matematika IIAbstrak
The purpose of this research is to produce a valid MFI. This development research uses the Four-D model which consists of three stages, namely: a) define, b) design and c) develop. But in this study only arrived at the development stage by testing the validity. The research instrument used in constructivism-based MFIs was in the form of validation sheets used to assess the validity of MFIs. The results of the validity study of Student Worksheets (MFI) based on constructivism by material experts get the overall average score is 4.64 with very good criteria, while the validation by media experts get an overall average score of 3.83 with good criteria. Thus the results of this development research show that constructivism-based MFIs in the Kapita Selekta Mathematics II course trigonometric material meet valid qualifications.
Unduhan
Referensi
Edukatif, T. C. 2016. Fokus Matematika Untuk SMA/MA Semester 2. Sukoharjo: Sindunata.
Farianti, G., Zulfaneti, & Sovia, A. 2014. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Kontruktivisme pada Materi Kaidah Pencacahan untuk Siswa Kelas XI IS SMAN 3 Lengayang, (Online), http://download.portalgaruda.org/article.php?article=316966&val=6304&title=PENGEMBANGAN%20LEMBAR%20KEGIATAN%20SISWA%20(LKS)%20BERBASIS%20KONSTRUKTIVISME%20PADA%20MATERI%20KAIDAH%20PENCACAHAN%20UNTUK%20SISWA%20KELAS%20XI%20IS%20SMAN%203%20LENGAYANG
Kalili, A. (2014). 60 Menit Pintar Desain Grafis. Jakarta: Kunci Aksara.
Nurhasnawati. 2011. Model-model Pembelajaran Kontruktivisme, (Online), http://download.portalgaruda.org/articl e.php?article=275455&val=7159&title=MODEL-MODEL%20PEMBELAJARAN%20K ONSTRUTIVISME
Nurjannah, S. 2015. Kajian Pustaka, (Online), http://repo.iain- tulungagung.ac.id/3027/3/BAB%20II.pdf
Nurvitasari, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
Sihombing, D. (2003). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sitepu. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: Remaj Rosdakarya
Tasfirani.2008.Pengembangan CLD Berbasis Teknologi dalam Kemasan CD Interaktif pada Materi Geometri. Pasca Sarjana UNNES
Tinarti, E. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter Religi pada Materi Aritmatika Sosial untuk Siswa Kelas VII MTs.
Widoyoko, E.P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.