PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DENGAN METODE MENULIS BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA BAGI SISWA KELAS III SD

Authors

  • Arik Umi Pujiastuti

Keywords:

metode menulis berantai, keterampilan menulis cerita

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita dalam pembelajaran Bahasa  Indonesia  dengan  menggunakan  media  power  point  dengan  metode menulis berantai.. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini  dilasanakan  pada  dua  siklus  tiap  siklus  terdiri  dari  dua  pertemuan.  Data penelitian diperoleh dari tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media power point dengan teknik menulis berantai dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Adapun pada siklus I persentase sebesar 25.00% dan siklus II sebesar 85.00%. Demikian juga dengan rata-rata nilai tes keterampilan menulis juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 55.55 dan pada siklus II meningkat menjadi 66.45. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memacu tenaga pendidik untuk lebih  kreatif  dan  inovatif    dalam  menggunakan  media  metode  pembelajaran sehingga keterampilan menulis siswa akan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu.1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung:Pustaka Setya.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyati, Yeti. 2008. Pendidikan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nur, Muhammad. 2010. Teori-teori Perkembangan Kognitif. Surabaya: Unesa Press.

Usman, Uzer.2006.Menjadi Guru Profesional.Bandung:Rosdakarya.

Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2016-05-12

How to Cite

Pujiastuti, A. U. (2016). PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DENGAN METODE MENULIS BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA BAGI SISWA KELAS III SD. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 19–28. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/4