PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT DENGAN METODE MENULIS BERANTAI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIAUNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA BAGI SISWA KELAS III SD
Keywords:
metode menulis berantai, keterampilan menulis ceritaAbstract
Penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media power point dengan metode menulis berantai.. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilasanakan pada dua siklus tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data penelitian diperoleh dari tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media power point dengan teknik menulis berantai dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Adapun pada siklus I persentase sebesar 25.00% dan siklus II sebesar 85.00%. Demikian juga dengan rata-rata nilai tes keterampilan menulis juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 55.55 dan pada siklus II meningkat menjadi 66.45. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memacu tenaga pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menggunakan media metode pembelajaran sehingga keterampilan menulis siswa akan lebih baik.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyati, Yeti. 2008. Pendidikan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nur, Muhammad. 2010. Teori-teori Perkembangan Kognitif. Surabaya: Unesa Press.
Usman, Uzer.2006.Menjadi Guru Profesional.Bandung:Rosdakarya.
Wardhani, IGAK. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.