EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOLSO DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

Authors

  • Heny Sulistyaningrum
  • Happy Kuntum Khoiro Ummatin

Keywords:

effectiveness, problem solving, solso, locus of control

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil pembelajaran matematika siswa SMA yang disebabkan belum optimalnya siswa terlibat dalam pembelajaran serta locus of control kurang seimbang dalam pembelajaran. Strategi pemecahan masalah Solso digunakan sebagai alternatif untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir dan locus of control siswa secara berkeseimbangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: 1) adakah perbedaan yang signifikan antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pemecahan masalah Solso dengan siswa yang dibelajarkan dengan  strategi pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, 2) adakah perbedaan yang signifikan antara siswa yang memiliki locus of control internal dan siswa yang memiliki locus of control eksternal terhadap prestasi belajar matematika, 3) adakah pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan locus of control terhadap prestasi belajar matematika siswa. Desain penelitian adalah kuasi eksperimen pretest-posttest.  Subyek penelitian adalah siswa kelas XI–IPA SMA Negeri 1 Soko Tuban, kelas XI–IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket locus of control. Teknik analisis data menggunakan Two Way Anova. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan strategi pemecahan masalah Solso dengan  siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional, 2) ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang memiliki locus of control internal dan locus of control eksternal, 3) tidak ada pengaruh interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan locus of control terhadap prestasi belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Herman, J.L, Aschbacher P.R, and Winter L. 1988. A practical Guide to Alternative Assesment. New York: Association for Supervission and Curriculum Development

Robbins dan Judge. 2007. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research And

Practice. Boston : Allyn and Bacon.

Suherman, Erman dkk. 2004. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukisno. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Klarifikasi Nilai dan Locus of Control terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan dan Kemampuan Berpendapat Mahasiswa. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Wena, Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2018-12-16

How to Cite

Sulistyaningrum, H., & Ummatin, H. K. K. (2018). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SOLSO DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 133–141. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/41

Most read articles by the same author(s)