PENERAPAN PEMBELAJARAN VIRTUALLAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPULAN ABAD 21 PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL DI SMA N 1 TUBAN

Authors

  • Hardiatun Hardiatun SMA N 1 Tuban

Keywords:

virtuallab, pemahaman konsep, keterampilan abad 21

Abstract

Kimia berperan penting dalam kehidupan sehari-hari yang mengharuskan guru untuk mempersiapkan peserta didik dalam proses pembentukan dan pengembangan kemampuan dalam bidang sains melalui pemberian pengalaman langsung. Pemberian pengalaman langsung sangat efektif dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan melalui kegiatan praktikum. Praktikum di lab terkadang memmiliki banyak kendala dalam hal persiapan praktikum atau sarana prasarana yng tidak mendukung kegiatan praktikum. Alternatif kegiatan praktikum dapat diatasi dengan salah satu cara dengan menggunakan media virtual dalam kegiatan praktikum yang dikenal dengan virtuallab. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan satu kelas eksperimen. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tuban pada semester genap 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah kelas XII MIPA 1 yang seluruhnya berjumlah 34 peserta didik. Selama proses penelitian berlangsung, peneliti menggunakan metode observasi, tes dan angket. Hasil belajar kognitif peserta didik dengan nilai nilai pre-test dan post-test dengan rumus n-gain score, keterampilan abad 21 melalui metode observasi, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan pemberian angket. Uji n-gain score memberikan hasil 0,724 yang menunjukkan bahwa penguasaan konsep peserta didik baik. Rata-rata keterampilan abad 21 peserta didik memberikan hasil yang cukup sampai baik. Angket respons memberikan hasil yang positif dengan persentase sebesar 80,32%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-05-09

How to Cite

Hardiatun, H. (2019). PENERAPAN PEMBELAJARAN VIRTUALLAB UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPULAN ABAD 21 PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA MATERI MAKROMOLEKUL DI SMA N 1 TUBAN. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 9–14. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/49