PEMBELAJARAN BENCANA TANAH LONGSOR TERINTEGRASI DALAM MATERI GAYA DENGAN MEDIA TRANSVISI BERVISI SETS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ifa Seftia R Widiyanti

Keywords:

transvisi, SETS, gaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa pada  materi  gaya  yang  dikaitkan  dengan  bencana  tanah  longsor  menggunakan media transvisi bervisi SETS (Science Environment Technology Social) untuk menambah pengetahuan siswa tentang bencana tanah longsor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Implementasi media transvisi menggunakan desain posttest-only control design dengan subjek kelas IV SDN 1 Sendang Mulyo tahun ajaran 2010/ 2011. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan media transvisi yang  dikembangkan  oleh  peneliti,  sedangkan  kelompok  kontrol  menggunakan buku ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan  minat  belajar  dan  hasil  belajar  siswa pada  materi  gaya  terhadap bencana tanah longsor yang menggunakan media transvisi bervisi SETS lebih baik dari siswa yang menggunakan buku ajar dari guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Binadja, A. 1999. Wawasan SETS dalam Pengembangan Kurikulum Sains. Makalah disajikan dalam seminar loka karya nasional, untuk bidang sains dan non sains, kerjasama antara SEAMO RESCAM dan UNNES. Semarang.

Binadja, A. 2000. Wawasan SETS dalam Buku Bacaan. Artikel dalam Buletin Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional No.1 Tahun 2000. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Fatimah, M. 2007. Pembelajaran Bervisi SETS Mendukung Pembelajaran Efektif Di Sekolah Dasar. Makalah disajikan pada Seminar Nasional tentang Pembelajaran SETS Di Sekolah Dasar. Semarang: UNNES.

Putra, A. P. 2011. Penataan Ruang Berbasis Mitigasi Bencana Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Penanggulangan Bencana 2/ 1: 11-20.

Rumampuk, D. B. 1988. Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Santyasa, I. W. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sutjiono, T. W. A. 2005. Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. 8/4: 76-84.

Widodo, A. T. 1995. Modifikasi Teks Rumpang untuk Buku Ajar MIPA. Kampus Bendan Ngisor: Lembaga Penelitian IKIP Semarang.

Yilmaz, O. & H. O. Andersen. 2004. Views of Elementary and Middle School Turkish Students toward Environmental Issues. International Journal of Science Education. 26/ 12: 1527-1546.

Downloads

Published

2016-05-12

How to Cite

Widiyanti, I. S. R. (2016). PEMBELAJARAN BENCANA TANAH LONGSOR TERINTEGRASI DALAM MATERI GAYA DENGAN MEDIA TRANSVISI BERVISI SETS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 39–46. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/6