PEMBELAJARAN BENCANA TANAH LONGSOR TERINTEGRASI DALAM MATERI GAYA DENGAN MEDIA TRANSVISI BERVISI SETS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
transvisi, SETS, gayaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi gaya yang dikaitkan dengan bencana tanah longsor menggunakan media transvisi bervisi SETS (Science Environment Technology Social) untuk menambah pengetahuan siswa tentang bencana tanah longsor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Implementasi media transvisi menggunakan desain posttest-only control design dengan subjek kelas IV SDN 1 Sendang Mulyo tahun ajaran 2010/ 2011. Kelas IV A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan media transvisi yang dikembangkan oleh peneliti, sedangkan kelompok kontrol menggunakan buku ajar yang selama ini digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar dan hasil belajar siswa pada materi gaya terhadap bencana tanah longsor yang menggunakan media transvisi bervisi SETS lebih baik dari siswa yang menggunakan buku ajar dari guru.
Unduhan
Referensi
Binadja, A. 1999. Wawasan SETS dalam Pengembangan Kurikulum Sains. Makalah disajikan dalam seminar loka karya nasional, untuk bidang sains dan non sains, kerjasama antara SEAMO RESCAM dan UNNES. Semarang.
Binadja, A. 2000. Wawasan SETS dalam Buku Bacaan. Artikel dalam Buletin Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional No.1 Tahun 2000. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Fatimah, M. 2007. Pembelajaran Bervisi SETS Mendukung Pembelajaran Efektif Di Sekolah Dasar. Makalah disajikan pada Seminar Nasional tentang Pembelajaran SETS Di Sekolah Dasar. Semarang: UNNES.
Putra, A. P. 2011. Penataan Ruang Berbasis Mitigasi Bencana Kabupaten Kepulauan Mentawai. Jurnal Penanggulangan Bencana 2/ 1: 11-20.
Rumampuk, D. B. 1988. Media Instruksional IPS. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Santyasa, I. W. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sutjiono, T. W. A. 2005. Pendayagunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. 8/4: 76-84.
Widodo, A. T. 1995. Modifikasi Teks Rumpang untuk Buku Ajar MIPA. Kampus Bendan Ngisor: Lembaga Penelitian IKIP Semarang.
Yilmaz, O. & H. O. Andersen. 2004. Views of Elementary and Middle School Turkish Students toward Environmental Issues. International Journal of Science Education. 26/ 12: 1527-1546.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.