DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO SEBAGAI PETUNJUK PENGGUNAAN TENSIOMETER DUNOY

Authors

  • Deny Sutrisno STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Rahmadevi Rahmadevi STIKES Harapan Ibu Jambi
  • Barmi Hartesi STIKES Harapan Ibu Jambi

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Pembelajaran, Tensiometer Dunoy

Abstract

Program Studi Farmasi STIKES Harapan Ibu Jambi telah memiliki berbagai fasilitas yang diperlukan dalam mendukung proses pembelajaran. Diantaranya adalah laboratorium beserta fasilitas di dalamnya. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang agar penggunaan fasilitas yang ada dapat lebih maksimal lagi. Penggunaan alat laboratorium dengan benar dapat membantu dalam menjaga terawatnya alat tersebut. Oleh karena itu, adanya media pembelajaran yang menerangkan tentang cara penggunaan alat laboratorium merupakan hal yang sangat penting. Maka perlu untuk mendesain media pembelajaran untuk untuk menjadi tutorial penggunaan alat laboratorium. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran berbasis video sebagai petunjuk penggunaan Tensiometer Dunoy dan mengetahui hasil uji media pembelajaran berbasis video tersebut. Metode pengembangan media pembelajaran melalui 6 tahap kegiatan yakni: (1) menganalisa kebutuhan mahasiswa; (2) merumuskan tujuan perkuliahan; (3) merumuskan butir-butir materi; (4) menyusun instrumen evaluasi; (5) menulis naskah media; (6) melakukan tes/evaluasi. Di samping enam langkah tersebut, tahap validasai ahli sebainya dilakukan terhadap naskah media/ prototipe yang sudah disusun, yaitu sebelum uji coba lapangan. Penelitian ini menghasilkan produk berupa bahan ajar berbentuk video pembelajaran penggunaan Tensiometer Dunoy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, & Alviya. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Video Untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Materi Larutan Asam Basa (Development Of Learning Media Experience To Win Chemistry Based On Computer For Orientation Problem Solving At Acid Base Solution). UNESA Journal of Chemical Education, 1(1). Retrieved from http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/journal-of-chemical-education/article/view/149

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asyhar, H. R. (2011). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran. Jakarta: Gaung Persada press.

Larkin-Hein, T., & Zollman, D. A. (2000). Digital Video, Learning Styles, and Student Understanding of Kinematics Graphs. Journal of STEM Education: Innovations and Research, 1(2). Retrieved from http://ojs.jstem.org/index.php/JSTEM/article/view/1163

Sanaky, H. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.

Syahmaidi, E. (2015). Pengembangan Media e-Learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Kelas XI SMA. Jurnal Ipteks Terapan, 9(1).

van der Meij, H., & van der Meij, J. (2014). A comparison of paper-based and video tutorials for software learning. Computers & Education, 78, 150–159. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.06.003

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X – ITS. Surabaya.

Published

2019-05-09

How to Cite

Sutrisno, D., Rahmadevi, R., & Hartesi, B. (2019). DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO SEBAGAI PETUNJUK PENGGUNAAN TENSIOMETER DUNOY. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 61–66. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/60