MANAJEMEN PEMBELANJAAN DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI
Keywords:
Manajemen, pembelanjaan, mahasiswaAbstract
Manajemen pembelanjaan bagi mahasiswa pendidikan ekonomi cenderung dikatakan hanya sekedar nama mata kuliah, namun pada dasarnya tidak seperti hal yang selalu dikatakannya. Manajemen pembelanjaan memiliki dampak yang sangat positif terhadap semua kegiatan yang akan dilakukan. Hal ini disebabkan oleh gabungan 2 (dua) kata yaitu manajemen dan pembelanjaan. Kegiatan manajemen dapat dimulai dari perencanaan, pengorganisaan, pelaksanaan, dan pengendalian yang disertai oleh evaluasi. Sedangkan pembelanjaan berorientasi pada bidang pendanaan atau keuangan dimana semua kegiatan membutuhkan pendanaan, dengan demikian manajemen pembelanjaan merupakan kegiatan yang selalu menghubungkan antar kegiatan mulai dari bagimana cara mendapatkan dana, mengelola dana, hingga membuat laporan tentang dana yang digunakan. Untuk memperoleh pemahaman yang sebenarnya terhadap manajemen pembelanjaan diperlukan langkah berupa penanaman pengertian dan pemahamannya dalam kegiatan praktik. Terhadap penanaman dan pemahaman akan arti pentingnya manajemen pembelanjaan baru dilaksankan oleh sebagian kecil mahasiswa pendidikan ekonomi, sehingga pada saat yang telah ditentukan permasalahan dalam pembelanjaan dapat teratasi dan tercapainya sebuah tujuan.
Downloads
References
Nordiawan, Deddi. dkk.2007. Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat
Riyanto, Bambang.1998. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE
Silalahi,Ulbert.2002. Pemahaman Praktis Asas-asas Manajemen. Bandung: Bandung Mandar Maju.
Syamsuddin, Lukman.2004. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada