PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KONTRUKTIVISME MELALUI MEDIA SOSIAL

Penulis

  • M. Wahid Nasrudin UIN Sunan Ampel

Kata Kunci:

Kontruktivisme, Media Sosial

Abstrak

Konstruktivisme merupakan teori pembelajaran paling efektif, sesuai dengan kurikulum 2013 yang mengharuskan peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan pengetahuan kemajuan teknologi. Artikel ini akan mengulas dasar-dasar konstruktivisme, implikasi di luar kelas maupun di kelas, dan penggunaan media sosial sebagai peningkatan kualitas pembelajaran. Selain itu, dilema dalam menggunakan media sosial dengan berbagai masalah juga akan dipaparkan. Tujuan menggunakan media sebagai peningkatan dalam kualitas pembelajaran adalah agar peserta didik lebih mampu menggunakan smartphone sebanyak mungkin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Assegaff, Setiawan. “Evaluasi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Knowledge Sharing” Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 16, No. 3, 2017.
Dikutip dalam; http//tekno.tempo.co/read/1086501/ini-6-aplikasi-jejaring-sosial-terlaris-didunia/full&view=ok.
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Malawi, Ibadullah dan Kandarwati, Ani. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: AE Media Grafika.
Muijs, Daniel dan Reynolds, David. 2005. Effevtive Teaching; The Central Issues. London: Sage Publication Ltd.
Rangkuti, Ahmad Nizar. “Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika”, Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 02, No. 02 Juli 2014.
Sumiharsono, M. Rudy dan Hasanah, Hisbiyatul. 2018. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
Supardan, H. Dadang. “ Teori Praktik Pendekatan Kontruktivisme dalam Pembelajaran”, Edunomic, Volume 4 No. 1 Tahun 2016.
Suparno, P. 2001. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suparno. 2008. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Manfaat, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.
Ummi, Hikmah Uswatun dan Mulyaningsih, Indrya. “Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon”, Journal Indonesian Language Education And Literature, Vol.1, No. 2, 2016.
Watie, Erika Dwi Setya. “Komunikasi dan Media Sosial” The Messenger, Volume III, Nomor 1, Edisi Juli 2011.
Wicaksono, Adri, dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhwaca.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. “Media Pembelajaran PAI (Teori dan Aplikasinya)” Paket 1, Konsep Dasar Media Pembelajaran, MKKA.
____________________________. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif; Teori dan Praktek dalam Pembelajaran. Surabaya: Putra Media Nusantara.
____________________________. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2019-11-30

Cara Mengutip

Nasrudin, M. W. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KONTRUKTIVISME MELALUI MEDIA SOSIAL. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 119–126. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/101