PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BERBASIS KONTRUKTIVISME MELALUI MEDIA SOSIAL
Kata Kunci:
Kontruktivisme, Media SosialAbstrak
Konstruktivisme merupakan teori pembelajaran paling efektif, sesuai dengan kurikulum 2013 yang mengharuskan peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan pengetahuan kemajuan teknologi. Artikel ini akan mengulas dasar-dasar konstruktivisme, implikasi di luar kelas maupun di kelas, dan penggunaan media sosial sebagai peningkatan kualitas pembelajaran. Selain itu, dilema dalam menggunakan media sosial dengan berbagai masalah juga akan dipaparkan. Tujuan menggunakan media sebagai peningkatan dalam kualitas pembelajaran adalah agar peserta didik lebih mampu menggunakan smartphone sebanyak mungkin.
Unduhan
Referensi
Dikutip dalam; http//tekno.tempo.co/read/1086501/ini-6-aplikasi-jejaring-sosial-terlaris-didunia/full&view=ok.
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Malawi, Ibadullah dan Kandarwati, Ani. 2017. Pembelajaran Tematik (Konsep dan Aplikasi). Magetan: AE Media Grafika.
Muijs, Daniel dan Reynolds, David. 2005. Effevtive Teaching; The Central Issues. London: Sage Publication Ltd.
Rangkuti, Ahmad Nizar. “Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika”, Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 02, No. 02 Juli 2014.
Sumiharsono, M. Rudy dan Hasanah, Hisbiyatul. 2018. Media Pembelajaran. Jember: Pustaka Abadi.
Supardan, H. Dadang. “ Teori Praktik Pendekatan Kontruktivisme dalam Pembelajaran”, Edunomic, Volume 4 No. 1 Tahun 2016.
Suparno, P. 2001. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Suparno. 2008. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran; Hakikat, Pengembangan, Manfaat, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.
Ummi, Hikmah Uswatun dan Mulyaningsih, Indrya. “Penerapan Teori Konstruktivistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab di IAIN Syekh Nurjati Cirebon”, Journal Indonesian Language Education And Literature, Vol.1, No. 2, 2016.
Watie, Erika Dwi Setya. “Komunikasi dan Media Sosial” The Messenger, Volume III, Nomor 1, Edisi Juli 2011.
Wicaksono, Adri, dkk. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa (Suatu Catatan Singkat). Yogyakarta: Garudhwaca.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. “Media Pembelajaran PAI (Teori dan Aplikasinya)” Paket 1, Konsep Dasar Media Pembelajaran, MKKA.
____________________________. 2010. Model dan Strategi Pembelajaran Aktif; Teori dan Praktek dalam Pembelajaran. Surabaya: Putra Media Nusantara.
____________________________. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.