PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI LINGKUNGAN FISIK DAN PERUBAHANNYA KELAS IV MIM 06 BRONDONG-LAMONGAN MELALUI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)
Kata Kunci:
Contextual Teaching And Learning, Student Learning OutcomesAbstrak
This research is motivated by a lack of class IV student learning outcomes in learning science at MIM-06 Brondong Lamongan. Teachers only do conventional learning, so that students more easily bored and not interested in the material that is taught. Therefore, in order to be able to increase student learning outcomes, the need for learning to create an atmosphere of learning interesting and fun. The purpose of this research is to improve student learning outcomes and physical environmental material amendments fourth grade MIM 06 Brondong- Lamongan through Contextual Teaching And Learning (CTL). This research is the Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, with each cycle consisting of four phases of activity: (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The subjects were students of class IV Mim 06 Brondong-Lamongan Semester II Academic Year of 2015/2016. The instrument used in this study are: syllabus, learning implementation plan, observation sheets, interview and evaluation sheets. Through the application of Contextual Teaching and Learning (CTL) obtaining results that completeness cognitive achievement of students has increased from cycle II (31%) and the second cycle (54%).
Unduhan
Referensi
Astini, Wahyudi, Chamdani. 2013. Penggunaan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Media Konkret Dalam Peningkatan Pembelajaran Ipa Siswa Kelas III SD. Jurnal penelitian (online), (Http://Id.Portalgaruda.Org)
Depdiknas. 2006. Pembelajaran Tuntas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Dikdasmen.
Hitipeuw, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Johnson, Elaine B. 2011. Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. (Penerjemah: Ibnu Setiawan). Bandung: Kaifa.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Patricia, Murdock, Miller. 2006. Contextual Learning May be a better Teaching Model; A Cace For Higher Order Learning and Tranfer. Proceeding of the Academy of education leadership, 11: 2.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Pembelajaran Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- ruzz Media.
Sugiantari, Suarni, Margunayasa. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Di Kelurahan Kaliuntu. Jurnal penelitian (online). (Http://Id.Portalgaruda.Org) Trianto. 2013. Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Jakarta: Kencana.
Wartono. 2010. Sains. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Wina Sanjaya. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Winarni, Dwi, Budiyono, Retno Dewi. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Jurnal Penelitian, (online), (Http://Id.Portalgaruda.Org).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.