PENGEMBANGAN UKBM BERBASIS IDENTIFIKASI KD DAN PENGAMBILAN SEMESTER PADA MATA PELAJARAN PJOK JENJANG SMA YANG MENGIMPLEMENTASIKAN SISTEM KREDIT SEMESTER

Penulis

  • Vicky Adi Primajaya Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Universitas Negeri Surabaya
  • Abdul Rachman Syam Tuasikal Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

UKBM, PJOK, Sistem Kredit Semester

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi implementasi SKS di sekolah. Sekolah yang mengimplementasikan SKS wajib hukumnya untuk membuat UKBM.UKBM adalah Unit Kegiatan Belajar Mandiri. Berupa media pembelajaran untuk pendamping siswa memahami suatu materi. Peneliti mengembangkan UKBM mata pelajaran PJOK yang berbasis pada identifiksi KD dan pengambilan semesternya. Pada mata pelajaran PJOK jenjang SMA terdapat KD yang saling berkaitan. Mulai dari KD pada kelas X sampai dengan KD yang terdapat pada kelas XII. Peneliti melakukan identifikasi KD dari tiga jenjang kelas tersebut. Selanjutnya peneliti membuat rancangan model identifikasi KD uantuk UKBM yang dikembangkan lengkap dengan keterangan KD tersebut berasal dan harus diambil pada semester berapa. Hal ini akan sangat menunjang kegiatan belajar mengajar. Selain itu juga dengan tujuan utama SKS dimana siswa bisa lebih leluasa menentukan kecepatan belajarnya sendiri dengan melihat rancangan model tersebut. Penelitian Pengembangan UKBM Berbasis Identifikasi KD dan Pengambilan Semester Pada Mata Pelajaran PJOK Jenjang SMA yang Mengimplementasikan Sistem Kredit Semester dilakukan di SMAN 1 Tuban kelas X IPA 5, X IPA 7 dan X IPS 1. Data diperoleh dari lembar kuesioner media pembelajaran berupa data kuantitatif digunakan untuk menganalisis kelayakan pengembangan UKBM tersebut. UKBM yang dikembangkan telah mendapatkan validasi dari tiga validator yang berasal dari tiga latar belakang yang berbeda. Satu validator berasal dari tim pengembang SKS Kemendikbud RI, satu validator dari dosen FIO UNESA dan satu validator dari Penanggung Jawab SKS SMAN 1 Tuban. Hasil analisis data deskriptif presentase media pembelajaran berupa pengembangan UKBM menunjukkan angka 89%. Artinya Pengembangan UKBM tersebut menempati predikat sangat baik. Menempati predikat sangat baik artinya hasil pengembangan UKBM layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil pengembangan UKBM bisa diterapkan pada mata pelajaran PJOK jenjang SMA yang mengimplementasikan SKS.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agung Ketut Yoga, I Gusti, Maman Rachman, and Hardyanto Wahyu.2016. Developing A Model Of Learning Management Of The Semester Credit System In Magelang Military Academy. JED 4 (1) (2016). Diunduh pada http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jed .

Agustina & Bambang. (2016). Evaluasi Program Sistem Kredit Semester Di Sma Negeri 1 Salatiga Volume: 3, No. 2, Juli-Desember 2016 halaman 246-264. Diunduh Dari www.jurnalkelola@gmail.com

Alsaeed Alshamy. 2017. Credit Hour System and Student Workload. Diunduh dari : http://dx.doi.org/10.18543/tjhe-4(2)-2017pp277-309

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Creswell, John W. 2002. Research Design. New Delhi: International Education and SAGE Publications.

Daniela Ulicna. 2011. Study On The Use Of Credit Systems In Higher Education Cooperation Between The EU And The US. diunduh dari daniela.ulicna@ghkint.com .

Elena Silva, Taylor White, And Thomas Toch.2016. A Century‐Old Standard In A Changing Education Landscape. Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching 51 Vista Lane
Stanford, California 94305 650-566-5100. Diunduh dari www.carnegiefoundation.org

Fahroq Ahmad. 2018. Pengembangan Kartu Pengukur Kompetensis Siswa Pada Pembelajaran PJOK di SMK Kecamatan Baamang Kota. Tesis diterbitkan. Surabaya. Pascasarjana. Unesa.

Fannie Dezricha Rizki.2014. Pengembangan Lember Kerja Siswa (LKS) Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linier Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika.

Horbi.2010.Metodologi Penelitian Pengembangan.Jember:Pena Salsabila.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Online, diakses pada hari

Kemdikbud. 2017. Pedoman Penyelenggaraan SKS Tahun 2017. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Th. 2014 No. 158 Tentang Penyelenggaraan SKS pada Sekolah Dasar dan Sekolah Menenggah.

Maksum, Ali. 2012. Metode Penelitian. Surabaya: UNESA University Press.

Mulyana, Dedi. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdarkaya.

Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi 2017. Universitas Negeri Surabaya

Redaksi Penerbit. 2006. Satndar Nasional Pendidikan. Jakarta: Asa Mandiri
. 6 Juni 2016 jam 07:23 WIB.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, Made. Jampel, Nyoman. Pudjawan, Ketut. 2016. Model Penelitian Pengembangan. Jakarta: Graha Ilmu.

Tian Guang and Wang Hong.2015. The Influence of Academic Credit System on Interpersonal Relationship in Chinese Colleges. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research Vol. 10, No. 1, pp. 59-72, January 2015.

Wahid Abdurrahman & Hamka.2016. Penerapan Program Sistem Kredit Semester (Sks) Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhammadiyah 3 Jakarta JURNAL PENDIDIKAN ISLAM Volume 7, Nomor 2, September 2016.

Wildan & Desi.2016. Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Dengan Sistem Kredit Semester (Studi pada SMA Negeri 1 Batu) manajemen pendidikan, volume 25, nomor 2 september 2016: 191–199.

Unduhan

Diterbitkan

2019-11-30

Cara Mengutip

Primajaya, V. A., Indahwati, N., & Tuasikal, A. R. S. (2019). PENGEMBANGAN UKBM BERBASIS IDENTIFIKASI KD DAN PENGAMBILAN SEMESTER PADA MATA PELAJARAN PJOK JENJANG SMA YANG MENGIMPLEMENTASIKAN SISTEM KREDIT SEMESTER. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 135–140. Diambil dari http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/110