PENGOPTIMALAN PENGOPTIMALAN PEMANFATAN OPEN EDUCATIONAL RESOURCES DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP PLUS MATHOLI’UL ANWAR MAIBIT RENGEL TUBAN'
PENGOPTIMALAN PEMANFATAN OPEN EDUCATIONAL RESOURCES
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.112Kata Kunci:
Pengoptimalan , pemanfatan, OERAbstrak
PENGOPTIMALAN PEMANFATAN OPEN EDUCATIONAL RESOURCES
DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP PLUS MATHOLI’UL ANWAR MAIBIT RENGEL TUBAN'
Oleh:
Yeri Yayak Setiawan
Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya
e-mail: yeriyayak@gmail.com
ABSTRAK
Sebagian besar dari berbagai negara dunia mengembangkan penididikan yang berkualitas dengan mendorong keberadaan guru yang profesional.Salah satu guru profesional adalah guru yang mampu melakukan pemanfaatan OER dalam instansi pendidikan. OER merupakan dokumen dan media berlisensi terbuka dapat digunakan untuk tujuan Pendidikan pengajaran, pembelajaran, penelitian dan penilaian, yang tersedia secara gratis di internet penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sedangkan hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan guru dengan mengoptimalkan pemanfaatan OER dalam pembelajaran PAI pada kelas 7 A SMP Plus Matholi’ul Anwar memang mampu meningkatkan cara berfikir siswa dalam menanggapi suatu materi pendidikan agama islam hal tersebut terbukti dari cara siswa memberikan tanggapan terhadap tampilan youtobe maupun vidio serta siswa mampu menghafal ayat-ayat dengan lebih lancar dan hal ini menjadi sebuah pendukung meningkatnya nilai pada setiap siswa.
Kata kunci: Pengoptimalan , pemanfatan, OER
Unduhan
Referensi
Alfiani dan Pribadi, “SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PEMANFATAN OPEN EDUCATIONAL RESOURCES PADA ABAD 2.”
https://creativecommons.or.id/2018/12/bidang-penerapan-lisensi-creative-commons-sumber- pendidikan-terbuka
Arendt, AM, & Shelton, Insentif dan Disinsentif untuk Penggunaan Open Course Ware. Internasional Ulasan Research in Terbuka & Distance Learning, ( B. 2009 ).
Elena krelja kurelovic “Advantages and Limitations of Usage of Open Educational Resources in Small Countries”, Issue 1, Volume 2, ( 2016 )
Munir. “ Pembelajaran Digital” ( Bandung. CV. Alfabeta 2017 ).
Suwarno, “POTENSI YOUTUBE SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA.”
https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/03/20/slideshare-net-untuk-pembelajaran
Syaifudin, M. (2016). SUMBER PENDIDIKAN TERBUKA. IJET (Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris Indonesia) ,
White, D., Manton, M., & Warren, N. (2011). Sumber daya pendidikan terbuka
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.