Difusi Inovasi melalui Model Hybrid Learning dalam pembelajaran Fiqih Di MI Safinatul Huda (SAFINDA) Surabaya

Penulis

  • zahrotun nafisah pascasarjana uin sunan ampel surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.113

Kata Kunci:

Difusi Inovasi, Hybrid Learning, Fiqih

Abstrak

Model pembelajaran Hybrid Learning merupakan suatu model pembelajaran berbasis online yang memanfaatkan teknologi canggih dan internet sebagai sarana pembelajaran tanpa batas ruang dan waktu. Model pembelajaran Hybrid Learning merupakan salah satu bentuk difusi inovasi, yang mana difusi inovasi sendiri adalah proses pengkomunikasian suatu ide atau gagasan baru sehingga dapat diadopsi secara keseluruhan atau terbatas dan diterima oleh individu atau kelompok. Model pembelajaran Hybrid Learning diteliti di MI Safinatul Huda Surabaya pada mata pelajaran Fiqih yang diampu oleh ustadzah Siti Masruroh. Pelaksanaan Model pembelajaran Hybrid Learning dilaksanakan dirumah masing-masing peserta didik dengan bantuan orang tua. Sebelumnya guru sudah memberikan arahan dan langkah-langkah mengikuti pembelajaran Model pembelajaran Hybrid Learning pada pertemuan rutin antara walimurid dengan guru setiap bulannya. Model pembelajaran Hybrid Learning diharapkan mampu memberikan manfaat 1) peserta didik mendapatkan pembelajaran tambahan selain disekolah, 2) waktu bermain gadget dirumah dikurangi terganti dengan belajar sambil bermain, 3) adanya keikutsertaan peran orang tua terhadap tumbuh kembang anak dalam proses pembelajaran mata pelajaran Fiqih secara online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Firmantika, Lusty, Mukminan. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Untuk Menanamkan Kesadaran Lingkungan Bagi Siswa SMP, Jurnal Harmoni Sosial, Volume 1 No. 2 Tahun 2014.
Hardiman. Pengembangan Pembelajaran Berbantuan Komputer Mata Kuliah Ilmu Pendidikan di Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Purwokerto, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol XI No. 2 Tahun 2014.
Herdiansyah. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba.
Ibrahim. 1998. Inovasi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Indarto, Pungki. Muhad fatoni, dan Nur Hidayat. Jurnal Model Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Kuliah Sepakbola di Pendidikan Olahraga FKIP UMS, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
Riva’i, Sudjana. 1989. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sa’ud, Udin Saefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sadiman dkk, Arief S. 1996. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutisna. 2008. Managemen Pemasaran: Analsis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yazdi, Muhammad. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi, Jurnal Ilmiah Foristek Vol. 2 No. 1 Maret 2012.
Zainiyati, Husniyatus Salamah. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-30

Cara Mengutip

nafisah, zahrotun. (2020). Difusi Inovasi melalui Model Hybrid Learning dalam pembelajaran Fiqih Di MI Safinatul Huda (SAFINDA) Surabaya. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.113