META ANALISIS: PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU

Penulis

  • Azha Apriliani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suci Yuniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Depriwana Rahmi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Annisah Kurniati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v9i1.1149

Kata Kunci:

Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, Kinerja Guru

Abstrak

Kompetensi profesional dan motivasi kerja yang dimiliki oleh guru merupakan suatu hal yang berperan penting terhadap tugas sebagai guru di sekolah. Guru yang memiliki kompetensi profesional dapat dilihat dari keterampilan dan pengetahuan yang dimilikinya dalam bidang pengajaran. Kemudian tingkatan motivasi juga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di sekolah. Dengan kondisi tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru dalam mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah studi meta-analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan atau literature review dengan menganalisis 10 jurnal sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru dan motivasi kerja memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa guru dengan kompetensi profesional dan motivasi kerja yang tinggi mampu dalam melaksanakan tugasnya dengan baik serta menciptakan lingkungan belajar yang efektif di sekolah. Oleh karena itu, kompetensi profesional guru dan motivasi kerja merupakan faktor penting yang dapat membantu meningkatkan kinerja guru di sekolah.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, Andi, Misykat Malik Ibrahim, and Andi Maulana. 2020. “Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Pada Mtsn Di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 4(1): 111.

Dewi, Ratika Sari et al. 2018. “KEMAMPUAN PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA.” (1): 150–58.

Dewi, Tiara anggia. 2015. “Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang.” PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi) 3(1): 24–35.

Dudung, Agus. 2018. “Kompetensi Profesional Guru.” JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan) 5(1): 9–19.

Hartanti, Astrid Setianing, and Tjutju Yuniarsih. 2018. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3(1): 167.

Hasan, Muhammad. 2017. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kabupaten Gowa.” Jurnal Economix 5(2): 70–81.

Jihad, Afdhal, Murniati AR, and Yusrizal. 2017. “Hubungan Motivasi Kerja Dan Supervisi Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru Smp Negeri Di Kecamatan Babahrot Aceh Barat Daya.” Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah 7(1): 7–12.

Kasim, Amiruddin, Sinta Satria, Dewi Pendit, and Lilies N Tangge. 2018. “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Biologi Di SMA Negeri Se-Kota Palu The Effect of Teacher Competence and Motivation Towardsperformance of Biological Teacher in SMA Se-Kota Palu.” 15: 547–53.

Mu’minin, Nur Amirul, Azizil Muchtar, and Lailah Zakiyaturrobi’ah. 2015. “Kompetensi Pendidik Dalam Pendidikan Agama Islsam.” Intelegensia Jurnal Pendidikan Islam 03(01): 75–88.

Putri, Nurmala Setianing, Dadang Juandi, and Al Jupri. 2022. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa: Studi Meta-Analisis.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(1): 771–85.

Rachmawati, Lilik, and Laurens Kaluge. 2020. “Kompetensi Profesional Guru , Motivasi Kerja , Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru.” 14(1): 1–6.

Saidah, Ida et al. “Jurnal Tata Kelola Pendidikan PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP.”

Selvi Nabela, Happy Fitria, and Nurkhalis. 2021. “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru.” ISEJ: Indonesian Science Education Journal 2(12–16).

Sihotang, Novita, Patri Silaban, and Saut Mahulae. 2020. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Medan Kota.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 6(2): 225–31.

Siska, Adilla Juita. 2018. “Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMAN 1 Canduang Kabupaten Agam.” JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi) 1(02): 98–103.

Sumarsih, Sumarsih. 2016. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kompetensi Profesionalterhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.” Jurnal Pendidikan Dasar 7(2): 361.

Susanto, Yohanes, Jefirstson Richset Riwukore, Isti Afrianti, and Fellyanus Habaora. 2021. “Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan The Influence of Competence and Work Motivation towards Teacher Komputer , Motivasi Individu Untuk Menyelesaikan Tugas Masih Rendah , Peran Kep.” 30(2): 143–52.

Tamzil Yusuf, Gita Suci. 2018. “PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, MOTIVASI KERJA, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK NEGERI 2 PENAJAM PASER UTARA.” Geoekonomi 9: 117–31.

Widiastuti, Komang Wiwin Sri, Iyus A. Haris, and Naswan Suharsono. 2013. “Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Triatma Jaya Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 3(1): 1–12.

Yulia, Ummu Salamah, Nahdi Hadiyanto. 2021. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Untuk Mewujudkan Capaian Hasil Belajar Siswa.” Khazanah Akademia 5: 31–39.

Yulia. 2022. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Apriliani, A., Yuniati, S., Rahmi, D., & Kurniati, A. (2024). META ANALISIS: PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 35–42. https://doi.org/10.55719/jt.v9i1.1149