MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARD

Penulis

  • ayuk nur madiyanah unirow
  • Himmatul Farihah

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.122

Kata Kunci:

Disiplin Anak, Pemberian Reward

Abstrak

Hasil Pengamatan awal menunjukkan bahwa pembelajaran di TK Dharma wanita Persatuan Siwalan kecamatan Panceng Kabupaten Gresik kurang tertibnya dalam kedisiplinan. Berbagai hal yang menyebabkan hal ini, kurang tertibnya peraturan yang berlaku di lembaga, kurangnya pembiasaan anak sehingga kurangnya kedisiplinan, serta kurangnya dukungan dari orang tua. Dari 16 anak hanya 3 anak yang sudah disiplin beberapa yang lain masih memerlukan bimbingan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan pelaksanaan pemberian reward dalam meningkatkan kedisiplinan pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Siwalan kecamatan Panceng kabupaten Gresik, 2) Menjelaskan hasil peningkatan disiplin anak melalui pemberian reward pada kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Siwalan kecamatan Panceng kabupaten Gresik. Model Kemmis dan Mc Taggart.yang digunakan dalam penelitian ini Diimplementasikan melalui dua siklus tindakan. kedisiplinan permulaan dikembangkan dalam penelitian ini: 1) Kedatangan anak ke sekolah, 2) Berbaris rapi dan tertib memasuki ruang kelas, 3) Berseragam rapi sesuai atribut sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pemberian Reward untuk mengupayakan  disiplin anak pada siklus pertama meningkat sebesar 18,8% menjadi 37,5%, dan pada siklus kedua meningkat lagi sebesar 37,5% menjadi 81,3%. Dari keseluruhan peningkatan angka sebelum tindakan sampai awal siklus kedua 62,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aqib, Zainal. dkk. 2017. PTK Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA


Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49. [On-Line] Tersedia https://www.researchgate.net/publication/309468940_Penanaman_Disiplin_Pada_Anak_Usia_Dini

La Jaga, R., & Arifin, A. A. (2019). Peningkatan Perilaku Disiplin Anak Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil kelompok B1 usia 5-6 tahun. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 93-104. [On-Line] Tersedia https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/5317

Meila, A. (2015). Hubungan Reward Dengan Disiplin Anak Di Sekolah Se-GUGUS II Sanden, Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1. [On-Line] Tersedia https://eprints.uny.ac.id/23961/

Nadar, W. (2019). Peningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan Token Economy. ElementerIs: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 1-11. [On-Line] Tersedia https://jurnal.umj.ac.id/index.php/instruksional/article/view/4887

Purnama, A., Safitri, R., & Tarigan, E. E. (2017). Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan di TK Bina Anaprasa kencana Tahun Ajaran 2016/2017. [On-Line] Tersedia https://osf.io/preprints/inarxiv/fvea5/

Rochimi, I. F., & Suismanto, S. (2018). Upaya Guru Menanamkan Nilai-nilai Kedisplinan pada Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(4), 231-246. [On-Line] Tersedia http://repository.radenintan.ac.id/318/1/Skripsi_Rahayu_Sri_L.pdf

Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60-77. [On-Line] Tersedia https://www.researchgate.net/publication/333172606_IMPLEMENTASI_PEMBERIAN_REWARD_DAN_PUNISHMENT_DALAM_MEMBENTUK_KARAKTER_DISIPLIN_ANAK_USIA_DINI

Sukmawati, D. E. (2015). Upaya Meningkatkann Kedisiplinan Melalui Pemberian Reward Pada Anak Kelompok A Di TK Bakti IV Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). [On-Line] Tersedia http://eprints.ums.ac.id/39465/3/03.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2020-05-30

Cara Mengutip

madiyanah, ayuk nur, & Farihah, H. (2020). MENINGKATKAN DISIPLIN ANAK USIA DINI MELALUI PEMBERIAN REWARD. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.55719/jt.v5i1.122