Analisis Keterampilan Komunikasi pada Mata Pelajaran IPAS Menggunakan Media Flipbook di Kelas IV SDN Jegulo I
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v9i2.1519Kata Kunci:
Communication skills, IPAS teachers and students, flipbook media, elementary educationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketrampilan komunikasi guru dan siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) menggunakan media flipbook di kelas IV SDN Jegulo 1. Ketrampilan komunikasi guru yang efektif dalam menyampaikan konsep-konsep IPAS sangat penting untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran wujud zat dan perubahannya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi langsung dan wawancara mendalam terhadap guru IPAS dan siswa yang terlibat dalam penggunaan media flipbook. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengevaluasi bagaimana media flipbook mempengaruhi interaksi komunikatif antara guru dan siswa, serta dampaknya terhadap pemahaman siswa terhadap materi IPAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media flipbook secara positif mempengaruhi ketrampilan komunikasi guru dalam menjelaskan konsep-konsep IPAS secara lebih visual dan menarik. Selain itu, media ini juga meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, dengan memberikan mereka kesempatan untuk berinteraksi secara kreatif dan responsif terhadap materi yang disampaikan. Kesimpulannya, integrasi media flipbook dalam pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Jegulo 1 efektif dalam meningkatkan ketrampilan komunikasi baik dari perspektif guru maupun siswa. Studi ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut terkait pemanfaatan media visual dalam pengajaran untuk mendukung pembelajaran yang lebih dinamis dan interaktif di masa depan.
Kata Kunci: Ketrampilan komunikasi, guru dan siswa IPAS, media flipbook, sekolah dasar
Unduhan
Referensi
Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2300
Arif, I. H., Lukman, A., Tuara, Z. I., Universitas, D., Hijrah, B., & Utara, M. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Terintegrasi Etnokimia dalam Mengembangkan Keterampilan Siswa Abad 21 pada Materi Hidrolisis di MAN 1 TIKEP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 194–204. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661844
Budiono, H., & Abdurrohim, M. (2020). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI (COMMUNICATION) SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI TERATAI. JURNAL IKA : IKATAN ALUMNI PGSD UNARS Vol., 8(1), 119–127.
Cahyono, B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Digital Flipbook Sebagai Media Pembelajaran Di Era Teknologi Digital. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1(2), 58–64. https://doi.org/10.58776/jdn.v1i2.26
Fadrianto, A. (2019). E-Learning Dalam Kemajuan Iptek Yang Semakin Pesat Asun. Universitas Muhammadiyah Palembang, 8(4), 1–6. https://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1598/1527
Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925
Hayat, M. S., Rustaman, N. Y., Rahmat, A., & Redjeki, S. (2019). Profile of life-long learning of prospective teacher in learning biology. Journal of Physics: Conference Series, 1157(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/2/022083
Kalalo, R. J. P., Lumenta, A. S. M., & Paturusi, S. D. E. (2021). The Effects of Interactive Online Learning Using Flipbook on The Process and Results of Blended Learning. Jurnal Teknik Informatika, 16(2), 165–174.
Makiyah, Y. S., Malik, A., Susanti, E., & Mahmudah, I. R. (2019). Higher Order Thinking Real and Virtual Laboratory (HOTRVL) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad Ke-21 Mahasiswa Pendidikan Fisika. Diffraction, 1(1), 34–38.
Murizal, I. (2021). View of PEMANFAATAN MEDIA INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 1 JARAI KABUPATEN LAHAT.pdf (pp. 227–236). IADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 51. https://doi.org/10.32493/jpkn.v6i1.y2019.p51-64
Pratiwi, E. A., Witono, A. H., & Jaelani, A. K. (2022). Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas V SDN 32 Cakranegara Kecamatan Sandubaya Kota Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1639–1646. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.832
Putri, A. J., Arsil, A., & Kurniawan, A. R. (2020). Analysis of Communication Skills Achievement in the Learning Process. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154–161. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd/article/view/3438
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (2020). PENELITIAN KUALITATIF. 112.
Sari, W. N., & Ahmad, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2819–2826. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1012
Sari, Y. P., & Ali, R. (2019). Implementasi Sistem Pelaporan Sarana Dan Prasarana Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis Android (Studi Kasus : Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya). Jurnal Informatika, 19(1), 47–53. https://doi.org/10.30873/ji.v19i1.1500
Syah, R., Winarno, R. A. J., Irvan Kurniawan, Robani, M. Y., & Khomariah, N. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pola Asuh Keluarga terhadap Kemampuan Literasi Sains. Prosiding Seminar Nasional Sains, 1(1), 332–338. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4109
Widayat, P. A., Munthe, B., & Musthofa, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Interaksional Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Arab Siswa. Arabi : Journal of Arabic Studies, 6(1), 39. https://doi.org/10.24865/ajas.v6i1.310
Z, R. P., Jumadi, J., Ariswan, A., Ratnasari, R., & Oktasari, D. (2019). The Effectiveness of Teachers’ Use of Lecture Model Combined with Cooperative Learning Method for Enhancing Students’ Problem-Solving Skills in Physics. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 5(2), 83–90. https://doi.org/10.21009/1.05203
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.