PENINGKATAN PERILAKU ASERTIF MELALUI KEGIATAN PUBLIC SPEAKING PADA SISWA SMP AL-MUQODDASAH NGLUMPANG MLARAK PONOROGO UNTUK MEREDUKSI TINDAK BULLYING
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.153Kata Kunci:
perilaku asertif, public speaking, bullyingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan perilaku asertif peserta didik SMP Al-Muqoddasah Ponorogo melalui kegiatan Public Speaking untuk membantu mereduksi tindak bullying. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk memecahkan suatu masalah atau menentukan suatu tindakan, untuk itu diperlukan diperlukan sejumlah informasi data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar-gambar dan bukan angka. Teknik yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas menggunakan teknik trianggulasi dengan sumber.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Public Speaking di SMP Al-Muqoddasah Nglumpang Mlarak Ponorogo mampu membantu meningkatkan prilaku asertif sebagian peserta didik sehingga dapat mereduksi terjadinya tindak bullying dilingkungan sekolah, meski begitu masih ditemukan peserta didik yang masih menjadi korban bullying. Hal ini disebabkan gagalnya peserta didik dalam meng-konsep diri, dan rendahnya self esteem karena asretifitas yang rendah.
Unduhan
Referensi
Aryuni, M. (2017) ‘Strategi Pencegahan Bullying Melalui Program “Sekolah Care” Bagi Fasilitator Sebaya (Bullying Prevention Strategies Through The “Care School” Program For Peer Facilitator)’, Asian Journal of Environment, History and Heritage, 1(1).
Asiyah, S. (2018) ‘Implementasi komunikasi verbal dan nonverbal dalam kegiatan public speaking santri di pondok pesantren Darul Falah Amtsilati Putri Bangsri Jepara’. UIN Walisongo Semarang.
Azis, A. R. (2015) ‘Efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan perilaku asertif siswa korban bullying’, Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), pp. 8–14.
Budiwibowo, S. S. (2018) ‘Manajemen Pendidikan’, Penerbit ANDI: Yogyakarta.
Gunawan, I. (2013) ‘Metode penelitian kualitatif’, Jakarta: Bumi Aksara, 143.
Hartland, N. R. (2017) ‘Metode Who Am I Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Pada Siswa’. University Of Muhammadiyah Malang.
Hasanah, A. M. A., Suharso, S. And Saraswati, S. (2015) ‘Pengaruh Perilaku Teman Sebaya Terhadap Asertivitas Siswa’, Indonesian Journal Of Guidance And Counseling: Theory And Application, 4(1).
Hurlock, E. B. (1991) ‘Psikologi Perkembangan Anak’, Jilid 1 (Terjemahan).
Indonesia, R. (2014) ‘Uu No 35/2014 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak’, Republik Indonesia.
Kudlicka, A. Et Al. (2018) ‘Everyday Functioning Of People With Parkinson’s Disease And Impairments In Executive Function: A Qualitative Investigation’, Disability And Rehabilitation. Taylor & Francis, 40(20), Pp. 2351–2363.
Kurniati, N. (2019) ‘Metode Bermain Peran Dengan Teknik Outbound Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa’. Universitas Muhammadiyah Malang.
Masganti, S. (2012) ‘Perkembangan Peserta Didik’, Medan: Perdana Publishing.
Moleong, L. J. (2019) ‘Metodologi Penelitian Kualitatif’. Remaja Rosdakarya.
Osborn, M., Osborn, S. And Osborn, R. (1994) Public Speaking. Houghton Mifflin Boston.
Rahman, A. A. (2013) ‘Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu Dan Pengetahuan Empirik’, Jakarta: Rajawali Pers.
Sari, Y. P. And Azwar, W. (2017) ‘Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa Di Smp Negeri 01 Painan, Sumatera Barat’, Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), Pp. 333–367.
Sarwono, J. (2006) ‘Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif’. Graha Ilmu.
Sudaryono, G. M. And Rahayu, W. (2013) ‘Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan’, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono, P. (2015) ‘Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)’, Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012) ‘Metode Penelitian Pendidikan, Pt Remaja Rosdakarya’. Bandung.
Tulodho, A. S. (2017) ‘Pengaruh Pola Asuh Demokratis (Authoritative) Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja’. University of Muhammadiyah Malang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.