MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN STICK ANGKA
Kata Kunci:
Numeracy starters, play stick figuresAbstrak
Results Preliminary observations indicate that learning in TK Tunas Harapan Brondong District of Lamongan is often less appealing to children. There are some things that cause this, including the presentation of a monotonous activities and media which are used as props less varied. activities to learn to count only use media board and fingers only. This greatly affects the poor performance beginning child to learn to count. Of the 22 children only 6 children who are already able to count some others still need the guidance of a teacher.This study aims to: 1) Describe the implementation of stick figures playing in efforts to improve the numeracy skills of children in group A at the beginning of TK Tunas Harapan Brondong District of Lamongan. 2) To describe the resulting increase in numeracy starters through play activities of children in group A stick figure in Subdistrict Brondong TK Tunas Harapan Lamongan.This research uses Action Research (PTK). Class action research model used is the model Kemmis and Mc Taggart, Kurt Lewin model development. Implemented through two cycles of action. Numeracy starters were developed in this study: (1) Referring to the order of objects to numbers 1-10 (2) Mention the epitome of numbers 1-10 (3) Sort emblem numbers 1-10. (4) Pair emblem with the number of objects up to 10. (5) Summing up the results of 10 numbers. The results showed that the action through play activities undertaken science can improve cognitive abilities in the first cycle increased by 27% to 54%, and in the second cycle increased again by 37% to 91%. Of the overall increase in numeracy before action until the beginning of the second cycle of 64%.
Unduhan
Referensi
Arsyad Azhar (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Nurbiana Dhieni. 1993. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: UT
Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Permainan Berhitung Permulaan di. Taman Kanak-kanak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen. Dirjen PNFI, 2010
Mulyaningsih Yenis Astina. (2016). Bermain Stick Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada anak kelompok B di TK Desa Wonolopo Tasikmadu Karanganyar Tahun Ajaran 2015-2016:Jurnal Ilmiah PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Putri, L. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan berhitung permulaan menggunakan strategi bermain stick angka di Paud. Belia jurnal: Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang.
Sarep Putra, Mahasri. 2008. Menumbuhkan Minat Berhitung Sejak Dini. Jakarta: Indeks
Sudijono, Anas. (2000). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, H. Rostina. (2015). Media dan Alat Peragadalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jakarta: Kencana.
Wardhani, IGAK dkk. (2000). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Universitas Terbuka
Wulan Nur Ayu Gytta, Priatna Dudung, Ismail Helmi. (2016) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Stick Angka, Vol 1, No 1, Juni 2016, 1 – 9
Zaman, Badru. 2010. Media Pembelajaran AUD. Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru. Bandung: UPI
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.