MENENTUKAN HUBUNGAN SUDUT PUSAT DAN SUDUT KELILING MELALUI PRAKTIK DISERTAI MEDIA BANTU MENGAJAR
Kata Kunci:
Praktik dan Media Bantu Mengajar, Hubungan Sudut Pusat dan Sudut Keliling, Implementasi Kurikulum 2013Abstrak
Dalam menyiapkan generasi emas 2045, pembelajaran dengan konsep kurikulum 2013 sebagaimana dituangkan dalam permendikbud Nomor 81 A, bahwa didalam pembelajaran, peserta didik mengkronstruksi pengetahuan bagi dirinya. Sasaran pembelajaran mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan. Ketiga ranah tersebut dikembangkan melalui pendekatan saintifik yang didalamnya terdapat lima pengalaman belajar yakni, mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasi. Dalam mengembangkan kompetensi peserta didik untuk dipersiapkan menuju generasi emas, penulis telah mencoba menyusun karya inovatif berupa media pembelajaran matematika, yang didalamnya mengaitkan topik Hubungan Sudut Pusat dan Sudut Keliling untuk mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan menerapkan pendekatan saintifik. Media pembelajaran yang dimaksud berupa Bahan Praktik yang disertai media bantu mengajar berupa bahan presentasi power point makro enable (Power Point 2010 dan plug in flash player) untuk memperkuat dan memperjelas konsep . Dari hasil aplikasi dan implementasi karya inovatif yang telah disusun ini dapat disimpulkan terjadi peningkatan/perkembangan kompetensi sikap rasa ingin tahu, percaya diri, bertanggung jawab dan berani presentasi. Dapat disimpulkan bahwa Kompetensi Sikap sebelumnya 2.30 menjadi 3.30 , kompetensi pengetahuan bahwa sebelum implementasi nilai rata-rata kompetensi pengetahuan mencapai 67 atau 2.69 (cukup), sedangkan setelah implementasi pembelajaran menggunakan karya inovasi ini meningkat menjadi 93 atau 3.7 ( sangat Baik) . Sehingga dapat dianalisa bahwa nilai pengetahuan meningkat 38% . Kompetensi keterampilan dapat muncul setelah diimplementasikan karya inovasi ini. Disarankan sebagai guru diharapkan inovatif agar dapat menciptakan generasi yang kreatif sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang diamanatkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003
Unduhan
Referensi
Nuharini, Dewi, 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya: untuk SMP/MTs Kelas VIII . Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran . Jakarta : Kencana Prenada Media Grop
Tilaar . 2013. Media Pebelajaran aktif . Bandung : Nuansa Cendekia
Wardani. Sri .2013. Proses Pembelajaran Matematika di SMP/MTs dengan Kurikulum 2013 . Yogjakarta: PPPPTK Matematika
Depdikbud. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2014/2015. Jakarta : Kemendikbud
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.