Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Talking Stick Media Teka Teki Silang
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.212Kata Kunci:
talking stick, media, teka teki silangAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dan Media Teka-Teki Silang diterapkan pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Hasil analisis penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama diterapkan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata aktivitas siswa secara klasikal siklus I sebesar 69,23 % , siklus II sebesar 88,46% dan siklus III sebesar 100%. Sedangkan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat berdasarkan nilai tes hasil belajar matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang sudah mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus dengan rata-rata hasil belajar siswa 59,09 dengan ketuntasan belajar klasikal 25%, siklus I dengan rata-rata hasil belajar siswa 60,84 dengan ketuntasan belajar klasikal 38,46%, siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 92,30 dengan ketuntasan belajar klasikal 100% dan siklus III dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 98,60 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.
Unduhan
Referensi
Ahmadi, Abu., Supriyono, Widodo. (1991). Psikologi Belajar. (Buku).
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. 2010. Penelitian tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung : Alfabeta.
Harjanto. (2011). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Mulyasa E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT. Remaja.
Mutmainnah, M. and Nurfalah, E., 2019. MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.23-30.
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin : Scripta Cindekia.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandunng : Alfabeta.
Sudjana. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.
Syah Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Wulan, S., 2019. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KUBUS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.15-22.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.