Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Talking Stick Media Teka Teki Silang

Penulis

  • Kholishotul Amaliyah Pendidikan Matematika FKIP Unirow Tuban
  • Rita Yuliastuti
  • Edy Nurfalah

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.212

Kata Kunci:

talking stick, media, teka teki silang

Abstrak

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan Model Pembelajaran Talking Stick dan Media Teka-Teki Silang diterapkan pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Hasil analisis penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama diterapkan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang mengalami peningkatan. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata aktivitas siswa secara klasikal siklus I sebesar 69,23 % , siklus II sebesar 88,46% dan siklus III sebesar 100%. Sedangkan hasil belajar matematika siswa setelah penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat berdasarkan nilai tes hasil belajar matematika siswa dalam penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan media teka-teki silang sudah mencapai ketuntasan belajar. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus dengan rata-rata hasil belajar siswa 59,09 dengan ketuntasan belajar klasikal 25%, siklus I dengan rata-rata hasil belajar siswa 60,84 dengan ketuntasan belajar klasikal 38,46%, siklus II dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 92,30 dengan ketuntasan belajar klasikal 100% dan siklus III dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar  98,60 dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada (Buku).

Ahmadi, Abu., Supriyono, Widodo. (1991). Psikologi Belajar. (Buku).

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono dan Supardi. 2010. Penelitian tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Darmadi, Hamid. 2010. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Harjanto. (2011). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Mulyasa E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : PT. Remaja.

Mutmainnah, M. and Nurfalah, E., 2019. MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.23-30.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin : Scripta Cindekia.

Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandunng : Alfabeta.

Sudjana. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung : Falah Production.

Syah Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Wulan, S., 2019. MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MEDIA KUBUS SATUAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 1(2), pp.15-22.

Unduhan

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Amaliyah, K., Yuliastuti, R., & Nurfalah, E. (2020). Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Penerapan Pembelajaran Talking Stick Media Teka Teki Silang. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 117–124. https://doi.org/10.55719/jt.v5i2.212