PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL INTERAKTIF SERTA MODEL KOOPERATIF STAD
Kata Kunci:
Interactive Visual Media, STAD Cooperative Model, learning outcomesAbstrak
The purpose of this study is to determine the activities of students, teacher activities and learning outcomes of students of class V semester 2 in learning IPS in SDN Blawirejo Kecamatan Kedungpring Lamongan Year Lesson 2016/2017. In addition, this research is also to know the Application of Interactive Visual Media with STAD Cooperative Model to improve the learning result of IPS Material of Struggle Against Colonial Class V SDN Blawirejo Kecamatan Kedungpring Lamongan District Lesson Year 2016/2017. The result of this research is student activity on cycle I student activity is in enough category with average percentage overall 17,93%. Student activity on the implementation of learning cycle II has increased as much as 11.2%, is in the active category with an overall average percentage of 29.13%. Student learning outcomes in the first cycle average student learning outcomes of 69.5 with the percentage of classical learning completeness 50% with less category, then on the second cycle average student learning outcomes 81.2 with the percentage of learning completeness classical 80% with very category both experienced an increase of 30%. This indicates that this research has succeeded, because the evaluation result has fulfilled the KKM which has been determined.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Darmadi. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alphabeta.
Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hopkins, d. M. (2009). Melaksanakan Penelitian Tindakkan Kelas itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksa.
Julianto, d. (2011). Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.
Munadi, Y. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Galing Persada.
Poerwanti, E. (2008). Assesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Roestiya. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Ryanto. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Sakdiyah, S. H. (2011). Konsep Dasar IPS SD. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.
Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardjiyo. (2014). Pendidikan IPS di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Sessoms, D. (2008). Interactive Intruction . Creating Interactive Learning Environment Though Tomorow s Teachers: International Journal of Technology in Teaching and Learning.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Anggota Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Taneo. (2008). Bahan Ajar Cetak Kajian IPS SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.