PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA 3 DIMENSI PADA MATERI KEANEKARAGAMAN BUDAYA INDONESIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI SABILUL MUBTADIIN
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.261Kata Kunci:
Media Diorama 3 Dimensi, Hasil Belajar.Abstrak
Tujuan peneltian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran diorama 3 dimensi pada materi keragaman suku bangsa Indonesia, (2) menganalisis dan mendeskripsikan hasil belajar siswa menggunakan media diorama 3 dimensi materi keragamana suku bangsa Indonesia pada siswa kelas IV MI Sabilul Mubtadiin Randegansari. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dalam penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dilakkan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan bahan referensi. Hasil penelitian membuktikan bahwa penggunaan media diorama 3 dimensi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata siswa yang awalnya 70,6 menjadi 91,15. Peningkatan hasil belajar dilakukan dengan melalui 3 tahap yakni a. tahap persiapan, yakni mempersiapkan bahan ajar, b. tahap pengembangan, yakni diberikannya vidio pembelajaran, dan c. tahap pembelajaran, yakni siswa menjawab sebuah pertanyaan yang ada pada vidio, kemudian diberikan soal pretest dan posttest.
Unduhan
Referensi
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Garfindo Persada.
Jalinus, Nizwardi dan Ambiyar. 2016. media dan sumber pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Julia, J dan Hanifah, Nurdinah. 2014. “Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Membedah Anatomi Kurikulum 2013 untuk Memangun Masa Depan Pendidikan yang Lebih Baik””. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Kustiawan, Usep. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini”. Malang: Gunung Samudera.
Kuswanto. 2009. “Keanekaragaman Suku dan Budaya ndonesia”. Jawa Tegah: Alprin.
Moleong. 2016. Metode Penelitian Kualitatf. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pribadi, Benny A. 2017. “Media & Teknologi dalam Pembelajaran”. Jakarta: Kencana. Santrianawati. 2018. media dan sumber belajar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Sugiyono. 2015. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. Bandung: Alfabeta, CV
Sumiharsono, Rudy dan Hasanah, Hisbiyatul (Ed.). 2017. “Buku Bacaan Wajb Dosen, Guru dan Calon Pendidik”. Jember: CV Pustaka Abadi.
Weranti, Selly Effa. 2017. “Pengaruh Media Diorama Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Materi Mengenal Penggunaan Uang Mapel IPS kelas II SDN Balong Bowo”: Jurnal of Information and computer Technology Education (hlm. 39). Sidoarjo: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.