PENGEMBANGAN PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI TARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DAN METODE EKSPLORASI

Penulis

  • Fera Dwidarti Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.267

Kata Kunci:

Pengembangan Psikomotor, Media Audio Visual, Metode Eksplorasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang metode Eksplorasi dalam meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik  Pada Materi Seni Tari Melalui Media Audio Visual Dan Metode Eksplorasi Di SD 2 Dersalam Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 (dua) siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas 1 SD 2 Dersalam Bae Kudus yang berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 3 siswa putri.  Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, dapat disimpulkan yaitu Meningkatnya pembelajaran pengembangan psikomotorik peserta didik SD 2 Dersalam  pada materi seni tari melalui media audio visual  dan metode eksplorasi tahun pelajaran 2020/2021, hal ini terlihat adanya motivasi mengikuti pembelajaran melalui media audio visual serta metode eksplorasi yang digunakan oleh guru yang sesuai dengan kondisi belajar. Diperoleh hasil bahwa dari mulai pra siklus diperoleh hasil 30% peserta didik yang dapat melakukan meniru gerak hewan yaitu 3 peserta didik. Kemudian dalam tindakan siklus 1 mengalami kenaikan yaitu dari 8 peserta didik menjadi 11 siswa presentase 70%. Pada siklus II, penelitian dikatakan tuntas karena seluruh peserta didik yaitu 11 peserta didik mengalami peningkatan dalam melakukan gerak menirukan hewan yaitu diantaranya jongkok, loncat, lari yang dipresentasekan 100%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fera Dwidarti, 2015. Upaya Meningkatkan Minat Dan Kompetensi Seni Tari Siswa Dalam Pada Materi Tari Kretek Dengan Menggunakan Metode Think Pair Share di SMA N 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015, jurnal digilibuns

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Maulida Rizqia, dkk, 2020. Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD, jurnal Aulad Vol 2, No 2

Rahyubi, Heri. 2014. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media

Rochiati Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, M.P., 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Visual Interaktif Serta Model Kooperatif STAD. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), pp.135-144.

Suwandi, Sarwiji. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Yuma Pustaka

Unduhan

Diterbitkan

2021-05-17

Cara Mengutip

Dwidarti, F. (2021). PENGEMBANGAN PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI TARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DAN METODE EKSPLORASI. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 53–60. https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.267