PENGEMBANGAN PSIKOMOTOR PESERTA DIDIK PADA MATERI SENI TARI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DAN METODE EKSPLORASI
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v6i1.267Kata Kunci:
Pengembangan Psikomotor, Media Audio Visual, Metode EksplorasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan tentang metode Eksplorasi dalam meningkatkan Pembelajaran Pengembangan Psikomotorik Peserta Didik Pada Materi Seni Tari Melalui Media Audio Visual Dan Metode Eksplorasi Di SD 2 Dersalam Bae Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 2 (dua) siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, dan refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik Kelas 1 SD 2 Dersalam Bae Kudus yang berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 8 siswa putra dan 3 siswa putri. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini, dapat disimpulkan yaitu Meningkatnya pembelajaran pengembangan psikomotorik peserta didik SD 2 Dersalam pada materi seni tari melalui media audio visual dan metode eksplorasi tahun pelajaran 2020/2021, hal ini terlihat adanya motivasi mengikuti pembelajaran melalui media audio visual serta metode eksplorasi yang digunakan oleh guru yang sesuai dengan kondisi belajar. Diperoleh hasil bahwa dari mulai pra siklus diperoleh hasil 30% peserta didik yang dapat melakukan meniru gerak hewan yaitu 3 peserta didik. Kemudian dalam tindakan siklus 1 mengalami kenaikan yaitu dari 8 peserta didik menjadi 11 siswa presentase 70%. Pada siklus II, penelitian dikatakan tuntas karena seluruh peserta didik yaitu 11 peserta didik mengalami peningkatan dalam melakukan gerak menirukan hewan yaitu diantaranya jongkok, loncat, lari yang dipresentasekan 100%.
Unduhan
Referensi
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Maulida Rizqia, dkk, 2020. Analisis Psikomotorik Halus Siswa Ditinjau dari Keterampilan Menggambar Anak Usia Dasar SD, jurnal Aulad Vol 2, No 2
Rahyubi, Heri. 2014. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung : Nusa Media
Rochiati Wiriaatmadja. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sari, M.P., 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Visual Interaktif Serta Model Kooperatif STAD. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), pp.135-144.
Suwandi, Sarwiji. 2012. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta : Yuma Pustaka
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.