PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI LINGKARAN KELAS XII
Kata Kunci:
kooperatif, jigsaw, hasil belajar, matematikaAbstrak
This study aims to improve student learning outcomes through Jigsaw Type Co-operative Model on Class XII Classroom materials at SMK Negeri Widang Pelajar 2017/2018. This type of research is a class action research of cycle model. The subjects of the study were students of Class XII TKR-2 of 31 people. The data were analyzed by descriptive quantitative. The result of the research was the result of increasing mathematics learning through Jigsaw Type Co-operative learning model in Class XII TKR-2 SMK Negeri Widang, the competency standard determine the circle part and its size. The first cycle, the average mathematics learning outcomes in the sufficient category (67.27), but has not reached the learning completeness set. The second cycle, the average mathematics learning outcomes increased to either category (80.45) and has reached the learning completeness criteria.
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, Mulyonono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Abimanyu, Soli, Daruma, A. R., dan La Sulo, S. L. 2005. Psikologi Pendidikan. Makassar: FIP UNM.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.
______, Suhardjono, dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud.
Gintings, Abdorrakhman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.
Haling, Abdul. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Hamalik, Oemar. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakata: Bumi Aksara.
Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: JICA.
Isjoni. 2010. Cooperative Learning, Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.
Karli, H. dan Yuliariatiningsih, M. S. 2002. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Metode-Metode Pembelajaran. Jakarta: Bina Media Informasi.
Lie, A. 1999. Metode Pembelajaan Gotong Royo. Surabaya: Citra Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.