PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATEMATIKA BERMUATAN GAME EDUKASI PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS VI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v6i2.313Kata Kunci:
Multimedia Interaktif, Matematika, Game EdukasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif Matematika bermuatan game edukasi pada materi bangun ruang yang layak, praktis, efektif, dan menarik. Jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan model Lee & Owens (2004). Hasil penelitian didapatkan bahwa analisis tingkat kelayakan sebesar 79,64 % dengan kriteria “Layak”. Kepraktisan produk sebesar 89,21% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Kemenarikan sebesar 95,41% dengan kriteria “Sangat Menarik”. Terdapat peningkatan aktivitas siswa dari 24,17% dengan kriteria “Kurang” menjadi 85,00% dengan kriteria “Sangat Baik”sehingga multimedia ini dapat dikatakan efektif. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa multimedia interaktif Matematika ini layak digunakan dalam pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Ariani, N., and H. Dany. 2010. Pembelajaran Multimedia Di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif, Dan Prospektif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, Suharsini. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Kustyarini, Sri Utami, Endang Koesmijati. 2020. “The Importance Of Interactive Learning Media In A New Civilization Era.” European Journal of Open Education and E-Learning Studies 48–60. doi: 10.46827/ejoe.v5i2.3298.
Laurens, Th, and Ch M. Laamena. 2020. “Development of Mathematical Learning Devices Based on Multimedia on Circle Materials of Grade Eighth of Junior High School.” Journal of Physics: Conference Series 1470(1). doi: 10.1088/1742-6596/1470/1/012088.
Lee & Owens, D. L. 2004. Multimedia Based Instructional Design Computer Based Training, Web Based Training, Distance Broadcast Training, Performance Based Solution. San Fransisco: Pfeiffer.
Lutfi B, Amir Abdu, Abd. Haling, Bhakti Prima Findiga Hermuttaqien. 2020. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” 7:326–35.
Mayer, R. .. 2009. Multi Media Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munir. 2015. Multimedia: Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: ALFABETA,cv.
Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media Dan Sumber Pembelajaran (Sudarmaji Lamiran, Ed.). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Netrilina, Syaiful, and Syamsurizal. 2020. “Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika 11(1):89–98.
Nugroho, S. 2015. Manajemen Warna Dan Desain. Yogyakarta: Andi.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sintya, Yuke Rindayu. 2018. “Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar.” 5(2014):1423–27.
Siti Handarwati, Marzuki, and Wahyudi. 2013. “Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan 2(10):1–11.
Slavin, E. R. 2011. Psikologi Pendidikan Teori Dan Praktik. Jakarta: PT. Index.
Sudjana, N. & Rivai, A. 2015. Buku Yang Akan Memudahkan Guru Dalam Memilih, Merancang, Dan Menggunakan Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Kedua (cet. edited by sutopo. Bandung: CV. Alfabeta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.