Menumbuhkan Minat Belajar Pada Diri Siswa Selama Mengikuti Proses Pembelajaran

Authors

  • Didit Nantara -

Keywords:

menumbuhkan, minat belajar, proses pembelajaran

Abstract

Learning is an interaction between students and teachers along with learning resources in a learning environment. Teachers who have high creativity and innovation will be seen in bringing student success during learning in order to achieve learning targets. To measure learning targets obtained through learning outcomes. Student learning outcomes are influenced by two factors, namely internal factors and external factors. One of the internal factors is interest in learning. A teacher is said to be professional if he is able to develop interest in students to learn. This is a challenge for a teacher to foster interest in students in participating in the learning process. Through literature review, it is known that interest in learning is the emergence of a sense of interest, attention, and having more desires in individuals without anyone pushing them to have feelings of pleasure without being forced so that changes in behavior, knowledge, and skills occur. Based on these conclusions, it is suggested that teachers are required to be enthusiastic accompanied by great creativity and innovation in fostering interest in learning in students, namely using learning methods, using learning media, using learning materials, utilizing infrastructure, and giving gifts. And it is recommended for school residents to do the same in fostering student interest in learning so that all lessons taught in class do not become a scourge.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Yusuf, Dedy. 2016. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP, Volume 1 Nomor 2, hal. 165 – 174.

Anggraeni, Evi. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Seni Tari Di SD Negeri Dukuhwaru 4 Kecamatan Dukuhwaruh Kabupaten Tegal. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang : Fakultas Ilmu Pendidikan Program Sarjana Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta : Depdiknas Republik Indonesia.

Embo, Estiana. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar : Program Sarjana Universitas Negeri Makassar.

Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif (Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan). Yogyakarta : Ar-ruzz Media.

Hakiki, Akbar, Zufta. 2012. Keterkaitan Metode Pembelajaran Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Praktik Pengenalan Alat Ukur Siswa Jurusan Listrik Di SMK Negeri 1 Magelang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang : Program Sarjana Universitas Negeri Malang.

Hudah, Samsul. 2001. Hadiah Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Gentangkali, Volume 3 nomor 11 & 12, hal. 78-81.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Murniarti, Dayang, dkk. 2016. Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, volume 5 nomor 11, hal. 2-13.

Nurhasanah, Siti & Sobandi, A. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Volume 1 Nomor 1, hal. 135-142.

Oktarosa, Urvia. 2017. Hubungan Kesetaraan Gender Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Ibnul Fallaah Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten Oki. Skripsi tidak diterbitkan. Palembang : Program Sarjana UIN Raden Fatah.

Pratiwi, Rahma, Amelia. 2017. Pengaruh Gaya Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MTs Negeri Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Skripsi tidak diterbitkan. Purwokerto : Program Sarjana IAIN Purwokerto.

Rabiman, R. 2013. Pemilihan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Mata Diklat Kejuruan Di SMK Kompetensi Keahlian Teknik Kendaran Ringan. Jurnal Taman Vokasi, volume 1 nomor 1, hal. 31-42.

Sakti, Indra, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Aminasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, Volume X Nomor 1, hal. 1-10.

Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Volume II Nomor 2, hal. 30 - 46.

Sururuddin, Muhammad. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Dsiplay Model Flipchart Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, volume 11 nomor 1, hal. 31-52.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa.

Watono. 2008. Hubungan Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Belajar Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas 8 Siswa SMP Negeri Kecamatan Kota Kabupaten Kudus. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta : Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Published

2021-11-30

How to Cite

Nantara, D. (2021). Menumbuhkan Minat Belajar Pada Diri Siswa Selama Mengikuti Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 67–74. Retrieved from http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/327