PENGARUH PROBLEM-BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Learning OutcomesAbstrak
This study aims at determining to examine Problem Based Learning effect on the increase of learning achievement of Mathematics class X-MIA SMA Negeri 1 Lamongan Lesson Year 2017/2018. The research used quantitative approach method (Simple Linear Regression Analysis), collecting data used observation sheet and test analysis instrument, analysis data used SPSS. The results showed 1) Average scores of student learning outcomes with Problem Based Learning amounted to 79.01, but the average score of learning outcomes before with Problem Based Learning is amounted to 71. 2) The test results in the Summary Model table, obtained, Pearson correlation coefficient (R ) equal to 0.694a, R square equal to 0.481 it has influence contribution of 48.1% to variable Y and 51.9% influenced by other factors. 3) Test results in ANOVAb table is F_count of 61.20, sig (0.000a <0.05), then the regression model can be used to predict Learning Outcomes. 4). The result of test on Table Coefficientsa is Constant (a) is 34,388, the effectiveness of learning (b) is 0.705, then the regression equation is Y = 34.388 + 0.705 X, t count of 7.823 with sig (0,000 <0,05) it means between Problem Based Learning (X) on the increase of Learning Outcomes (Y).
Unduhan
Referensi
Departemen Pendidikan Nasional dalam Irma Pujiati, Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika, Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. I, No. 1, September (2008:79)
Hamzah B.Uno dalam Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem, (2011:163), Pustaka Pelajar
http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-pembelajaran-matematika.html
https://penarasa17.wordpress.com/2016/12/24/model-pembelajaran-berbasis masalah/
Ibrahim dan Nur (2000) ,Pengajaran Berbasis Masalah. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.
Muhson, A. 2009. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan. Vol. 39, No. 2. PP. 171-182.
Nana Sudjana. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Jurnal Pendidikan Vokasi Vol 3, Nomor 2, Juni 2013
Pembelajaran Kurikulum 2013. Jakarta. Kementerian Pendidikandan Kebudayaan
Rusman.(2014).Model-modelPembelajaran (MengembangkanProfesionalisme Guru).Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Belajar (edisi revisi). Jakarta: Rajawali Pers
Uno, B. Hamzah. Dr.( 2016). Teori Motivasi &Pengukurannya.Analisis di Bidang Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Usman, Uzer. (2003). Menjadi guru profesional. Bandung:Penerbit PT Remaja Rosdakarya dalam Jurnal Pendidikan Penabur - No.10/Tahun ke-7/Juni 2008
Zuriah.(2006).Metodologi penelitian sosial dan pendidikan.Jakarta:PT. Bumi Aksara
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.