Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Implementasi Model Learning Cycle 7E Berbantuan Media Video
DOI:
https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.380Kata Kunci:
Implementasi Pembelajaran, Model Learning Cycle 7E, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Permasalahan-permasalahan yang timbul di kelas XII TPm 2 SMK Negeri 1 Tuban ini, pada penyelenggaraan pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan pada akhirnya berdampak pada penurunan Hasil Belajar siswa XII TPm 2. Untuk itu, permasalahan yang terjadi dikelas XII TPm 2 ini harus segera diselesaikan. Implementasi Model Learning Cycle 7E Berbantuan Media Video menjadi solusi untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa kelas XII TPm 2 SMK Negeri 1 Tuban pada pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini dimulai dengan menyelenggarakan pembelajaran dengan model konvensional pada tahap prasiklus, dan hasilnya, terdapat hanya 14 (38,89%) siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal tes yang telah ditentukan, dengan nilai rata-rata mencapai 67,14. Setelah diimplementasikannya Model Learning Cycle 7E Berbantuan Media Video, terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa kelas XII TPm 2. Dari data tes ini menunjukan pada siklus I, terjadi peningkatan pada Hasil Belajar siswa kelas XII TPm 2. Terdapat 29 (80,56%) siswa kelas XII TPm 2 yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata-rata mencapai 81,00. Sedangkan pada siklus II terdapat 34 (94,44%) siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, dengan nilai rata-rata mencapai 84,44. Berdasarkan dari data hasil analisis dapat dinyatakan bahwa hasil belajar siswa kelas XII TPm2 pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, mengalami peningkatan, hingga melebihi dari indicator keberhasilan penelitian yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model learning cycle 7e berbantuan media video berhasil meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII TPm 2.
Unduhan
Referensi
Nurgianto. 1988. Burhan Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta: BPFE.
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu.
Nurhajjah, Ade, dkk. ‘Penerapan Model Learning Cyc le ( Lc ) 7e Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Zat dan Wujudnya’, Jurnal Ilmu Pendidikan Produk Kreatif dan Kewirausahaan, 3.2 (2018), h. 42.
Nurfatonah, Ade. ‘Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP’, (FKIP UNPAS: Penelitian tindakan kelas (S1) thesis, 2016), h. 26-29.
Nana Sudjana. 1991. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Prawiradilaga, Dewi Salma. 2008. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Pasaribu dan Simandjuntak. 1986. Didaktikdan Metodik. Bandung: Tarsito.
Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AIUPI.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Roestiyah N K. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Bina Aksara.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Saberi, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Quantum Teaching.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Syah, Muhibin. 2011. “Pisikologi Belajar”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sarac, Hakan and Nuri Balta. ‘The Effect of 7E Learning Cycle on Learning in Science Teaching: A meta- Analysis Study’, European Journal of Educational Research, 5.2 (2014), h. 61.
Saregar, Antomi and others, ‘Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding : Impact on Students ’ Critical Thinking Ability’, Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6.3 (2018), h. 40.
Sharma, Shalini. 2018. 7e Learning Cycle Model : A Paradigm Shift In’, Shanlax International Journal of Education.
Syaffruddin Nurdin. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.
Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman. (2007). Interaksi & Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Rajan Grafindo.
Sumadi Suryabrata,Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suryosubroto. 2010. Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan, ( Jakarta: Rineka Cipta.
Sutardi, Kurniawan Heru. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sayiful. 2005. Sagala Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Afabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kotemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhra, Fatma, Dkk. ‘Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Berbantuan Buku Saku Terhadap Siswa SMA’, Jurnal Pendidikan Sain Indonesia,’ 5.1 (2017), h.134
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan naskahnya di Jurnal Teladan setuju dengan ketentuan berikut:
• Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada pengelola jurnal untuk publikasi pertama dari karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini.
• Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku) dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
• Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karyanya secara online (misalnya, di repositori kelembagaan atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari yang diterbitkan bekerja (Lihat Pengaruh Akses Terbuka).
Baca selengkapnya tentang Lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 di sini: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.