Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan pada Pembelajaran Sistem Komputer dengan Pendekatan Open-Ended

Penulis

  • Wiwin Dyah Wulandari SMKN 1 Tuban

DOI:

https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.382

Kata Kunci:

Minat Belajar, X TKJ, Open-Ended Berbasis Masalah, Sistem Komputer

Abstrak

Dalam upaya mengatasi permasalahan rendahnya minat belajar siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tuban pada mata pelajaran system komputer, penulis menerapkan pendekatan Open-Ended Berbasis Masalah (Masalah Terbuka) di semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Pada siklus I, setelah penyelenggaraan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended Berbasis Masalah yaitu, terdapat 3 siswa yang minat belajar tergolong Sangat Tinggi. Pada kategori Tinggi, terdapat 8 orang siswa. Pada kategori sedang, terdapat 20 orang siswa. Pada kategori Rendah, terdapat 4 orang siswa. Sementara untuk kategori sangat rendah, tidak terdapat siswa dengan kategori minat belajar ini. Pada siklus II, setelah melakukan perbaikan yang didasarkan dari hasil refleksi di siklus I, pada penyelenggaraan pembelajaran dengan pendekatan Open-Ended Berbasis Masalah, peningkatan minat belajar siswa kelas X TKJ manjadi semakin maksimal. Pada siklus II ini, terdapat 8 siswa yang minat belajar tergolong Sangat Tinggi, jumlah ini meningakat jika dibandingakan dengan tahap siklus I yang hanya terdapat 3 orang siswa. Pada kategori Tinggi, terdapat 20 orang siswa, jumlah ini meningkat jika dibandingkan dengan siklus 1 yang hanya terdapat 8 orang siswa. Pada kategori Sedang, terdapat 8 orang siswa jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan siklus I yang mencapai 21 orang siswa. Penurunan pada kategori Sedang ini diartikan positif, karena semula 21 orang siswa yang hanya mendapat kategori Sedang, mengalami peningkatan hingga mendapat kategori Tinggi minat belajarnya. Pada siklus II ini, tidak ada siswa yang mendapat kategori Rendah dan Sangat Rendah. Penurunan jumalh siswa pada kategori Rendah dan Sangat Rendah hingga mencapai 0 (Tidak Ada), hal ini menunjukan bahwa minat belajar siswa benar-benar mengalami peningkatan setelah penyelenggaraan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Berbasis Masalah pada siklus II ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Gurita Aedi, Weni. 2016. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia Volum 3 Nomor 2 Page 41–46 UNPAM, Tangerang Selatan, Indonesia.

Nurjanah, fitriani dan Nani. 2016. Penerapan pendekatan open-ended terhadap peningkatan komunikasi matematika siswa SMP melalui Lesson study berbasis MGMP Jalancagak. Jurnal Pengajaran MIPA, 9-15.

Nurma. 2009. Pengertian Metode dan Pendekatan. (uns.ac.id)

Sabar, Muhammad Nur. 2017. Effectiveness Of Problem Based Learning Setting Open-Ended Approach In Mathematics Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika. Vol 5, No 3.

Sani. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013. Jakarta:Bumi Aksara.

Setiana, D.S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran CTL Dan Opend Ended Terhadap Minat Belajar Matematika Dengan Memperhatikan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), Vol. 3 No.1, Juni 2017.

Shimada, S. 1997. The Significance of an Open Ended Approach. In Shimada, S. And Becker, J.P. (ED) The Open Ended Approach. A New Proposal For Teaching Mathematics. Reston: VA NCTM.

Shoimini. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovativ dalam kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.

Supardi, U.S. Dkk. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2 (3).

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Karisma Putra.

Uno, B Hamzah dan Nurdin Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan. Jakarta:Bumi Aksara.

Wahjoedi. 1999. Jurnal Iptek Olahraga, Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan IPTEK (PPPITOR). Kantor Mentri Negara Dan Olahraga.

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-23

Cara Mengutip

Wulandari, W. D. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan pada Pembelajaran Sistem Komputer dengan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 29–38. https://doi.org/10.55719/jt.v7i1.382